Nahhhhh Pengangguran Bertambah, Jokowi Sentil Jabar

bogorOnline.com-

Presiden Joko Widodo prihatin dengan meningkatnya angka pengangguran di Jawa Barat. Solusinya, pertumbuhan ekonomi daerah itu musti digenjot tinggi.

Presiden Joko Widodo meminta Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggenjot lagi pertumbuhan ekonominya agar bisa membuka lapangan kerja baru bagi angkatan kerja yang masih menganggur.

“Dengan pertumbuhan ekonomi 5,67 persen pada 2016, Provinsi Jawa barat harus mampu tumbuh lebih tinggi. Sehingga lebih mampu membuka lebih banyak lapangan kerja baru bagi angkatan kerja,” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) membahas evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas Pemprov Jawa Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Jokowi bilang, pertumbuhan ekonomi Jabar harus digenjot. Lantaran terjadi kenaikan angka pengangguran 8,8% pada 2016, tahun sebelumnya 8,72%.

Sebagai daerah penyangga ibu kota, kata Jokowi, Provinsi Jabar memiliki posisi yang strategis, serta keterkaitan ekonomi yang kuat. “Bukan saja memiliki keterkaitkan penyediaan bahan baku dan para pekerja, tetapi juga keterkaitan pelayanan dan fasilitas publik, terutama transportasi dan pemukiman,” kata Jokowi.

Kata Jokowi, Pemprov Jabar berpeluang besar untuk menampung investasi berbentuk industri pengolahan dan industri dasar, yang sudah tidak mungkin lagi dibangun di DKI Jakarta. “Keterkaitan ekonomi antara dua provinsi ini perlu dipersiapkan dengan baik, membutuhkan konektivitas, membutuhkan integrasi, membutuhkan sinergi yang lebih kuat lagi antara Jakarta dan Jawa Barat,” harap Jokowi.

Jokowi mengingatkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan pemda di wilayah Jabar untuk lebih proaktif dalam bersinergi dengan pusat, guna menyelesaikan masalah-masalah yang masih mengalami kendala di lapangan. Misalnya soal pembebasan lahan, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) serta mengantisipasi setiap dampak proses pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur yang ada di Provinsi Jawa barat.

“Saya yakin pembangunan infrastruktur akan menjadi sebuah pondasi bagi kegiatan ekonomi yang lebih cepat dan lebih merata di Jawa Barat,” kata Jokowi.(rul)

Sumber: inilah.com

Comments