Pemkab Bogor Fasilitasi 73 Pasangan Suami Isteri Isbat Nikah Massal

 

Bogoronline.com – Tajurhalang – Pemerintah Kabupaten Bogor melaksanakan sidang isbat nikah massal 73 pasangan suami isteri yang sudah menikah menurut agama namun belum sah menurut negara atau tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, pada Jum’at (5/5)

 

“Isbat nikah massal diikuti oleh pasangan suami isteri yang belum terdaftar di negara di Kecamatan Tajurhalang”, ujar Camat Tajurhalang, Nurhayati yang secara resmi membuka jalannya kegiatan.

 

Dalam sambutannya, Nurhayati menjelaskan bahwa program isbat nikah memberikan harapan bagi pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki dokumen pernikahan atau yang pernah menikah namun kehilangan buku nikah, untuk memperoleh dokumen yang diperlukan.

 

“Membantu warga masyarakat menjadi pasangan yang sah sesuai hukum agama dan hukum negara berarti telah mendukung tegaknya ketentuan-ketentuan administratif yuridis formal yang berkaitan dengan lembaga pernikahan, sehingga dengan sendirinya juga menjamin tertibnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil”, tegas Nurhayati.

 

Nurhayati juga berharap dengan adanya program tersebut para peserta isbat nikah terbimbing untuk senantiasa berada dalam koridor agama dan hukum negara dalam setiap tahapan kehidupannya hingga generasi berikutnya, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah menuju terwujudnya visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia.

 

“Khusus kepada para penerima manfaat, yakni peserta isbat nikah, saya minta agar kesempatan ini disyukuri dengan sungguh-sungguh serta diimbangi dengan kesadaran untuk taat memenuhi berbagai ketentuan yuridis formal hukum agama dan negara yang akan berimplikasi pada kehidupan sosial sehari-hari”, ungkap Nurhayati

 

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba paduan suara dan fashion show dalam rangka memperingati hari kartini yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing desa yang ada di Kecamatan Tajurhalang. (Ald)

 

Comments