Bawang Putih Kembali Mahal, Kemenperindag akan Gelar Operasi Pasar

Bogor – bogorOnline.com
Masih melonjaknya harga bawang putih di pasar-pasar wilayah Kota Bogor, menjadi perhatian dari berbagai pihak. Hal itu langsung direspon positif oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Rencana nya, besok selasa(6/6), akan menggelar operasi pasar guna menekan angka penjualan bawang putih.
“Operasi pasar kali hanya satu produk saja yang dijual, yaitu bawang putih. Karena harga bawang putih masih mahal di pasar bogor, jadi dilakukan operasi pasar ini, kira-kira diatas Rp45.000/Kg. Untuk produk kebutuhan bahan pokok lainnya masih stabil harganya,” ungkap Kepala Disperindag Kota Bogor, Achsin Prasetyo kepada wartawan, saat ditemui diruang kerjanya, pada Senin (5/6/17).
Achsin menuturkan, dalam operasi pasar besok, rencananya, kementrian Perdagangan akan menurunkan sekitar 8 Ton Bawang Putih.
“Bagi masyarakat dan pedagang di pasar Bogor silahkan berbelanja. Mekanisme untuk pedagang ada aturannya dan hanya untuk pedagang pasar Bogor saja. Harga untuk pedagang Rp 23 ribu perkilo dan untuk masyarakat konsumen Rp25 ribu perkilo,” jelasnya.
Achsin menambahkan, harga normal bawang putih saat ini sebesar Rp40.000/Kg nya. Jadi ketika harga itu tidak normal, maka akan dilakukan operasi pasar guna menstabilkan harganya kembali.
“Kita berharap masyarakat dapat terbantu untuk mendapatkan produk yang murah dan terjangkau,” harapnya.
Lebih lanjut Achsin mengatakan, selain fokus pada operasi pasar, menjelang lebaran ini, Disperindag juga sedang menyiapkan agenda pemeriksaan bahan bahan pokok di Mall dan Supermarket.
“Kita sedang mengawasi penjualan barang barang di supermarket diseluruh Kota Bogor. Sasarannya barang barang kadaluarsa dan makanan tidak layak konsumsi (mengandung Formalin atau Boraks). Dalam waktu dekat ini kita akan lakukan Sidak,” pungkasnya. (Nai)

Comments