Ponpes Daarul Uluum Kampus I Wisudakan Santri Angkatan 29

BOGOR – bogorOnline.com

Pondok Pesantren Modern Daarul Ulum kembali mewisuda 69 santriwati/santiwan kelas akhir angkatan ke-29. Wisuda berlangsung di Kampus I Pondok Pesantren Daarul Uluum Bantar Kemang, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Kepala Sekolah Ponpes Daarul Uluum Kampus I, Hasbullah mengatakan, wisuda ini sebagai bentuk apresiasi Ponpes terhadap para santri yang sudah menyelesaikan study dan seluruh rangkaian ujiannya.

“Dari santri yang diwisudakan, ada yang belajar selama 3 tahun dan 6 tahun. Sebelum dinyatakan sebagai wisudawan, mereka harus melalui rangkaian-rangkaian ujian, diantaranya ujian pemeriksaan ruku, membedah buku-buku kitab kuning, menghafal ayat-ayat Al-Quran, ujian khotbah, ujian menjadi imam, ujian karya tulis ilmiah, ujian nasional, ujian akhir madrasah dan ujian akhir madrasah berstandar nasional,” ungkapnya, Sabtu (17/6/17).

Hasbullah melanjutkan, setelah lulus, para santri ini akan kembali ketengah masyarakat dan menyebar ke berbagai pelosok daerah untuk menjadi duta-duta pesantren Islam Rahmatan Lil’alamin serta melakukan pengembangan pemberdayaan masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan.

“Demikian dengan seluruh rangkaian ujian yang telah mereka ikuti. Insya’Allah, mereka semua sudah siap kembali terjun ke masyarakat dan harapan kami pun para santri ini ketika setelah lulus mereka semua tidak ada yang menganggur, tetapi mengembangkan kemampuan yang sudah dimiliki dari Ponpes, untuk berkiprah di masyarakat apapun kiprah yang mereka lakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hasbullah menambahkan, sebelum mewisudakan angkatan ke-29, pihaknya telah menyampaikan kepada para santriwati/santriwan bahwa, banyak alumni Daarul Uluum yang memang sudah berkiprah ditengah masyarakat, diantaranya ada yang menjadi ulama, tentara, polisi, dokter, pengacara dan berbagai profesi lainnya. “Jadi, kami melihat bahwa saat ini profesi seorang santri itu sangat terbuka dan juga memungkinkan bisa memilih profesi apapun,” pungkasnya. (Nai/CB)

Comments