Cara Memilih Masker yang Tepat untuk Kesehatan

Menggunakan masker yang salah tak hanya memberikan rasa aman yang palsu, tetapi juga membahayakan jiwa Anda.

Penjualan masker wajah naik drastis sejak peristiwa asap hasil kebakaran hutan di Juni 2013. Padahal beberapa masker wajah yang tersedia di toko kemungkinan tidak menyediakan perlindungan yang cukup terhadap partikel berbahaya. Setiap masker wajah dibuat untuk tujuan berbeda. Jadi jangan sampai memilih yang salah, dan Anda merasa aman, padahal tidak benar-benar terlindungi. Berikut adalah beberapa jenis masker untuk kesehatan yang bisa dipelajari.

Masker Operasi

Masker operasi ditujukan untuk menangkap cairan tubuh dari pengguna. Cairan tersebut seperti ludah atau cairan dari hidung. Masker ini berfungsi untuk mencegah tetesan cairan menular agar tak menyebar ke orang lain.

Masker tersebut tidak dirancang untuk melindungi Anda dari menghisap bakteri, virus dan partikel halus di udara. Masker operasi ini biasanya punya dua tali, satu pada masing-masing sisi untuk disangkutkan ke telinga.

Masker ini harus dipakai ketika sedang terjangkit demam, flu atau batuk, serta ketika sedang bekerja dengan pasien.

Masker operasi ini tak bisa memberikan perlindungan terhadap partikel halus yang terdapat pada asap dan kabut asap.

Respirator

Respirator dikenal juga sebagai respirator partikulat. Ini adalah perangkat yang dirancang untuk melindungi penggunanya dari menghisap debu berbahaya, asap, uap atau gas. Ada dua bentuk utama respirator, yaitu yang sekali pakai dan yang bisa dipakai ulang.

Respirator sekali pakai

Biasanya pada respirator sekali pakai tercetak kata N95, N99, N100, R95, R99, R100, P95, atau P100.

Huruf yang digunakan tersebut mengacu pada ketahanan respirator terhadap minyak

N: Tidak tahan minyak

R: anti minyak

P: tahan minyak

Sementara angka yang tercantum menunjukkan jumlah partikel udara yang mampu disaring respirator. Misalnya N95 yang setidaknya terdiri dari dua tali yang melingkari kepala, satu di atas telinga dan satu di bawahnya. Hal ini memastikan masker lebih kencang dan lebih pas untuk mencegah partikel menyelinap melalui segala celah yang ada.

Sangat penting untuk memakai masker yang sempit di atas hidung dan di bawah dagu. Masker yang longgar tak dapat memberikan perlindungan yang memadai. Jangan memakai ulang respirator, karena saringannya tak dapat dibersihkan atau diganti. Biasanya respirator sekali pakai ini hanya ada ukuran dewasa, sehingga tidak pas untuk anak-anak dan balita.

Respirator sekali pakai yang tak digunakan hanya bisa dipakai tiga tahun dari tanggal pembuatan jika tidak dibuka dan disimpan dengan baik. Beberapa brand bisa tahan lebih lama atau lebih cepat. Pastikan tanggal kedaluwarsa sebelum memakainya.

Ketika digunakan dengan layak, respirator ini dapat melindungi dari asap dan kabut asap.

Respirator yang dipakai ulang

Contoh dari respirator yang dipakai ulang adalah yang biasa digunakan petugas pemadam kebakaran dan orang yang bekerja dengan bahan kimia barbahaya. Biasanya alat ini menutupi seuluh wajah atau setengah wajah.

Respirator yang bisa dipakai ulang hadir dengan fitur penyaringan udara. Alat ini bisa dipasangi dengan berbagai jenis filter yang berbeda untuk memberikan tingkat perlindungan sesuai kebutuhan.

Respirator yang bisa dipakai ulang hadir dalam beberapa pilihan ukuran, biasanya adalah kecil, sedang dan besar. Hal ini diperuntukkan agar bisa dipakai wajah yang berbeda. Biasanya respirator tersebut bukan ditujukan untuk wajah kecil anak-anak.

Keuntungan utama dari respirator yang bisa dipakai ualang adalah lebih sesuai dengan lekuk wajah, sehingga lebih lebih kencang dan menyegel lebih nyaman, dengan demikian bisa memberikan perlindungan lebih baik dari respirator sekali pakai.

Nah, berbagai jenis masker untuk kesehatan ini bisa dibeli di toko online atau pun e-commerce. Bila ingin membeli secara grosiran, marketplace  yang paling cocok adalah Ralali.com Karena marketplace tersebut menyediakan grosir masker kesehatan secara B2B.

Sistem atau business to business biasanya dapat menawarkan harga lebih murah karena transaksi dilakukan dalam jumlah banyak atau grosiran. Maka dari itulah di Ralali bisa membeli grosir masker mulut murah.

Comments


TAG