Diskominfo Kabupaten Bogor, Jadi Tempat Belajar

CIBINONG-

Beberapa inovasi telah dihasilkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor dalam bidang pengelolaan komunikasi Publik, Radio Siaran Pemerintah Daerah, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan pengelolaan website. Atas dasar itulah Diskominfo Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Kabupaten Bogor, pada Kamis (13/7). Rombongan tersebut langsung diterima oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Wawan Munawar Siddik. Pimpinan rombongan Diskominfo Kabupaten Sukabumi yang juga Kabid KIP, Edi Kusmara mengatakan bahwa pengelolaan komunikasi publik, website, maupun radio dan PPID di Kabupaten Bogor sudah luar biasa. Hal itu dilihat dari beberapa tampilan-tampilan berita atau informasi yang ada di website Diskominfo Kabupaten Bogor dan kita juga mendengar banyak prestasi yang di ukir oleh Diskominfo Kabupaten Bogor. “Kita sangat memberikan penghargaan yang tinggi dan 5 jempol untuk Diskominfo Kabupaten Bogor atas inovasi dan kreatifitasnya dalam hal pengelolaan komunikasi dan informasi publik, dan mudah-mudahan hal positif yang kita dapatkan dari sini bisa kita implementasikan ke Diskominfo Kabupaten Sukabumi,” ujar Edi.

Sementara itu Kadiskominfo Kabupaten Bogor Wawan Munawar Siddik mengatakan, dirinya mengaku senang dan bersyukur dengan atas kunjungan Diskominfo Kabupaten Sukabumi yang ingin konsultasi bagaimana pengelolaan komunikasi publik, radio pemerintah daerah, PPID, maupun pengelolaan website. Apalagi beberapa diantara bidang tersebut, Diskominfo Kabupaten Bogor sendiri sudah melahirkan segudang prestasi. “Terima kasih atas kunjungannnya, tentunya selain kunjungan ini bisa meningkatan sinergitas antara Pemkab Bogor dengan Pemkab Sukabumi, kita bisa bersama-sama berbagi ilmu bagaimana Diskominfo Kabupaten Bogor dalam mengelola PPID sehingga dalam beberapa kesempatan kita mampu mendapatkan penghargaan di bidang PPID itu sendiri walaupun apa yang kita lakukan juga masih jauh dari kata sempurna,” terang Wawan. Ditambahkan Wawan, pengelolaan komunikasi publik dan PPID di Kabupaten Bogor sendiri selalu mengedepankan keterbukaan informasi publik dan transparansi dengan mempublish semua informasi di dalam website masing-masing SKPD. Dan di PPID,h al tersebut mampu menimalisir sengketa informasi walaupun para pemohon terus berdatangan. “Keterbukaan dan transparansi inilah yang kita kedepankan, karena tugas kita adalah melayani bukan dilayani. Jadi sebelum pemohon datang, semuanya sudah kita buka di dalam website,” tambah Wawan.

Wawan juga menjelaskan untuk pengelolaan website, Diskominfo Kabupaten Bogor sendiri telah membangun website ke seluruh SKPD dan Kecamatan yang saling terintegrasi dengan kita.

“Jadi di Kabupaten Bogor seluruh SKPD dan Kecamatan sudah mempunyai website yang terintegrasi dengan kita. Jadi mereka yang membuat konten atau berita tentang hasil kinerja mereka, Diskominfo yang mengurus masalah aplikasi dan teknis lainnya. Dan untuk admin pengelola masing-masing website itu terus kita berikan pelatihan dan juga kita evaluasi agar keterbukaan informasi tidak berhenti, akan tetapi terus menerus di publish kedalam website mereka,” ucap Wawan.(Diskominfo/rul)

Comments