Diskominfo Pemkab Bogor, Evaluasi Pengelolaan Website

CIBINONG-

Dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten Bogor, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor menggelar Sosialisasi Pengelolaan Website Perangkat daerah di Aula Gedung Diskominfo, Rabu (12/7). Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh admin pengelola website dari seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika, Betty Sugiarti mengatakan keterbukaan informasi sekarang ini mengharuskan Pemerintah untuk terus selalu menyajikan informasi kepada masyarakat melalui media penyebaran informasi, dan salah satunya melalui portal website.

“Melalui portal website, Pemerintah dapat menyajikan informasi kepada masyarakat dengan efesien, transparan dan akuntabel,” ujar Betty

Disamping itu, menurut Betty sosialisasi ini bertujuan untuk terus mendorong para pengelola website di masing-masing SKPD agar secara terus menerus mempublikasikan berita dari kegiatan yang mereka lakukan ke website mereka sendiri, dan hal tersebut tentunya akan memberikan kemudahan kepada para SKPD untuk menyebarluaskan informasi yang akurat dan aktual terkait penyelenggaraan pemerintahan.

“Admin pengelola website harus terus menerus mempublikasikan apa yang dinasnya sudah kerjakan, jangan sampai apa yang sudah dikerjakan, itu tidak diketahui masyarakat. Dan tentunya penyebaran informasi melalui website ini diharapkan dapat memudahkan pemerintah untuk menyebarluaskan informasi secara cepat dan akurat terkait penyelenggaraan pemerintah,”  tambah Betty. Dalam kesempatan yang sama, Kasi Layanan Tata Kelola E-Gov, Maryati mengatakan dalam sosialisasi ini juga dilakukan evaluasi terhadap pengelolaan wesbite para perangkat daerah, pengelolaan pengaduan online dan bimtek  aplikasi website untuk memberikan penyajian informasi yang lebih aktif dan kreatif.

“Kita juga terus melakukan eveluasi terkait pengelolaan wesbite para perangkat daerah itu sendiri seperti bagaimana mereka menyajikan informasi, dan juga bagaimana mereka merespon terkait aduan masyarakat, lalu kita juga memberikan pelatihan penyajian informasi yang kreatif agar para pengunjung website dapat memperoleh informasi dengan baik,” terang Maryati.

Selain itu menurut Andi Ramadhan, salah satu Admin pengelola webite dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, mengatakan bahwa sosialisasi yang diadakan Diskominfo ini sangat membantu dalam kinerja para admin di masing-masing SKPD. Hal itu dikarenakan beberapa perubahan dari website yang lama ke website yang baru membutuhkan pengetahuan lanjut terkait bagaimana mengelola website secara menarik baik dari segi konten maupun tampilan.

“Tentunya kita para admin pengelola website sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini, tidak hanya masalah konten tapi bagaimana juga mengelola website dari sisi tampilan seperti desain layout, animasi gambar dan video atau gabungan dari semuanya,” ujar.(Diskominfo/rul)

Comments