Egi GW : Peran Masyarakat Sangat Penting Untuk Tingkatkan Pola Hidup Sehat

CIBINONG – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mengingatkan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan budaya hidup sehat. Karena itu, pemerintah harus mendorong meningkatkan peran serta masyarakat di dalam pelaksanaan program di bidang kesehatan.

“Masyarakat bisa diperankan dalam mensosialisasikan program kesehatan dan yang paling penting diajak untuk pola hidup sehat,” ujarnya, di sela acara sosialisasi kesehatan yang digelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Aula Gedung Pemuda DPD KNPI Kabupaten Bogor, akhir pekan kemarin.

Menurut Egi, salah satu pola hidup sehat yang bisa dijadikan gaya hidup misalnya olahraga bersama. Selain itu, menjaga pola makanan dan kandungan gizi yang dimakan sehari-hari. “Karena itu masyarakat harus diedukasi dan juga dijadikan subjek atau pelaku dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan,” kata pria yang juga menjabat Ketua DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Bogor.

Acara sosialisasi Germas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup sehat ini dihadiri oleh 150 peserta perwakilan pemuda se Kabupaten Bogor. Hadir sebagai narasumber, dr. Tri Nugroho dari Kementrian Kesehatan, Indra Simatupang anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Egi juga menyampaikan pentingnya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi saat ini, sistem pelayanan kesehatan yang diselenggarakan melalui program JKN mensyaratkan pelayanan berjenjang, dari Faskes tingkat pertama hingga ke rumah sakit rujukan jika diperlukan. “Kami menerima banyak sekali masukan dari masyarakat yang mengalami hambatan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Melalui Germas ini, kami harapkan hal semacam itu tidak terjadi lagi,” tandasnya (ful)

Comments