Pendaftaran 19.210 CPNS Resmi Dibuka

bogorOnline.com-

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dibuka.

Adapun jabatan bagi putra-putri terbaik bangsa itu menjadi prioritas, mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang.

Rinciannya, 1.684 CPNS untuk  Mahkamah Agung dan 17.962 kursi CPNS di Kemenkumham “Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra atau putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra atau putri Papua dan Papua Barat,” katanya kepada wartawan dalam Konferensi Pers, Selasa (11/7/2017). Diketahui, untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra atau putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang. Formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara.

Sedangkan untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam. Sementara, formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan. Mulai dari Penjaga Pembaga Pemasayarakatan (Lapas) hingga analis Keimigrasian. Asman menjamin proses seleksi tidak dipungut biaya. “Semunaya saya tegaskan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun,” tuturnya.

Sebagaimana seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id. Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs:

a. Situs Kementerian PANRB:www.menpan.go.id

b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id

c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id,http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/

d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id.(rul)

Sumber: riaupos.co

Comments