Lomba Masak Nasi Liwet, Warga Unitex Kuatkan Kebersamaan

Bogor – bogorOnline.com
Berbagai kegiatan unik dan menarik dilakukan warga dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017. Salah satunya, ratusan warga di Perumahan Unitex, RW 05 dan 06, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, mengikuti lomba masak nasi liwet. Sebanyak tujuh group dengan melibatkan sekitar 150 orang warga, menyajikan berbagai kreasi dan citra rasa nasi liwet yang merupakan masakan khas sunda.
Kegiatan lomba masak nasi liwet yang di inisiasi oleh Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi Gerindra, Jenal Mutaqin ini, menyedot perhatian warga. Dengan penuh antusias, para ibu ibu dengan kompak memasak dibantu oleh kaum bapa yang menyiapkan dekorasi hidangan agar mendapatkan nilai terbaik dari tim juri.
Jenal Mutaqin yang menjadi juri untuk mencicipi langsung masakan nasi liwet buatan warga itu, mengapresiasi hasil karya masakan nasi liwet warga Perumahan Unitex tersebut.
“Jujur, saya bingung juga untuk memberi nilai, rasanya semua enak. Kreasinya juga unik-unik, tadi ada cabai yang dibuat angka 17 Agustus 1945. Penyajian nasi liwet diatas meja bernuansa merah putih. Ada juga nasi liwet yang diatasnya ditancapkan bendera merah putih. Rasa nasionalisme peserta disini terlihat muncul dengan sendirinya,” ujar Jenal, Sabtu (19/8/17).
Ia menjelaskan, bahwa lomba nasi liwet yang terbagi tujuh kelompok tersebut sedikitnya melibatkan 150 orang dari dua RW di Perumahan Unitex. Lomba yang diselengarakan pihaknya ini merupakan rangkaian kegiatan pesta rakyat di wilayah Kecamatan Bogor Timur dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.
“Apapun bentuk kegiatannya maknanya lebih kepada mewujudkan kembali rasa persaudaraan, kekompakan dan solidaritas diantara masyarakat. Intinya membakar kembali semangat juang dan kebersamaan untuk timbul dari individu masing-masing masyarakat,” paparnya.
Pada kesempatan ini, Jenal juga menjelaskan, dipilihnya lomba nasi liwet karena ada kebersamaan. Apalagi nasi liwet kemudian dihidangkan dan dimakan secara bersama di atas daun pisang. Bahkan namanya ngaliwet yang merupakan salah satu tradisi khas masyarakat Sunda sudah ia alami sendiri sejak 2008 sampai hari ini.
“Intinya ada maknanya yang sangat luar biasa, mengikat sekali diantara individu masyarakat. Besok, Minggu (20/8) masih dalam rangkaian kegiatan pesta rakyat, juga ada panjat pinang dan pentas seni warga Perumahan Unitex sekaligus pengumuman pemenang lomba nasi liwet,” tandasnya.
Ketua RW 05 Martejo didampingi Ketua RW 06 Hasan, mengaku bangga dengan semangat warga dalam lomba masak nasi liwet itu.
“Sangat terlihat sekali kebersamaan, persaudaraan dan rasa nasionalisme dari warga dalam berbagai lomba disini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kang Jenal dari Gerindra yang sudah mendukung kegiatan lomba disini,” pungkasnya. (Nai)

Comments