Tiga Ruas Jalan Kota Bogor Jadi Pilot Project KTL

Bogor – bogorOnline.com

Jalan Jenderal Sudirman, Ir. H. Djuanda, dan Jalan Jalak Harupat menjadi Pilot Project Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) tingkat Polda Jawa Barat. Kota Bogor bersaing dengan tiga kota lainnya yakni Kota Bandung dan Kota Karawang untuk menjadi KTL terbaik. Ketua Tim KTL Kombes Pol Darto Juhartono pun melakukan penilaian secara langsung dengan bertandang ke Kota Bogor, Selasa (1/8/17).

Kombes Pol Darto Juhartono mengatakan, KTL ini berkaitan dengan keselamatan berkendaraan dan tertib lalu lintas yang ternyata turut menjadi program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Istilah KTL sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama sekitar tahun 90-an, namun hingga tahun 2016 fakta di lapangan menunjukan belum ada perubahan signifikan.

“Kecelakaan dan pelanggaran sebagai indikatornya masih tetap sama dan malah semakin banyak,” ujar Darto.

Melalui KTL, kata dia, ditargetkan angka kecelakaan dan pelanggaran bisa menurun. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian saja, tetapi juga semua pemangku kebijakan. Ia pun turut mengapresiasi Pemkot Bogor yang ikut bekerja sama mendukung kegiatan ini. Pasalnya, KTL akan berhasil jika digarap bersama-sama dan sungguh-sungguh.

“Masyarakat juga harus menyadari kalau ketertiban lalu lintas itu bagian dari urat nadi, karena ini menyangkut keselamatan sesama pengguna jalan,” terangnya.

Ia menambahkan, jika tahun ini baru tiga ruas jalan di Kota Bogor, namun di tahun depan harus terus ditingkatkan KTL di jalan-jalan lainnya. Sehingga semakin tahun KTL bisa melingkupi ruas jalan di seluruh Kota Bogor.

“Intinya terus action, lakukan sosialisasi, dan penegakan hukum, sehingga KTL bisa terus dipertahankan,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, program pembenahan transportasi menjadi program prioritas nomor satu di Kota Bogor karena menjadi isu yang paling menyedot perhatian warga Kota Bogor. Oleh karena itu, Pemkot Bogor sangat fokus dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di kawasan yang menjadi etalase Kota Bogor. Sudah menjadi rutinasi Pemkot Bogor beserta jajaran kepolisian untuk memantau terus agar semakin tertib.

“Kita sudah punya sistem monitoring dan angka kecelakaan lalu lintas sudah semakin berkurang,” pungkasnya. (Nai/ist)

Comments