Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Sampaikan Dua Pembahasan

CIBINONG-

Bupati Bogor Nurhayanti  menghadiri sidang paripurna dengan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait penetapan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dengan kepala daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  tahun anggaran 2017 dan penyampaian perubahan program pembentukan Peraturan Daerah  Kabupaten Bogor tahun 2017, yang bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong pada (18/9).

Dalam sambutannya Bupati Bogor mengatakan sidang paripurna ini merupakan rangkaian dari sidang paripurna sebelumnya mengenai penyampaian nota keuangan dan rancangan Perda perubahan APBD tahun 2017 yang telah ditindaklanjuti dengan pembahasan secara intensif di tingkat komisi dan badan anggaran bersama dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah.

“Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bogor yang telah mengawal usulan dari masyarakat, terutama dalam penyediaan layanan publik di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kesejahteraan sosial,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan pendapatan daerah secara keseluruhan pendapatan daerah setelah pembahasan direncanakan mengalami peningkatan sebesar 75 ,981 Milyar Rupiah atau naik 1, 13 persen dari yang semula diusulkan sebesar 6,745 Trilyun Rupiah, sehingga total pendapatan daerah adalah sebesar 6,821 Trilyun Rupiah. Kenaikan tersebut bersumber dari peningkatan PAD khususnya pajak daerah serta lain-lain pendapatan daerah yang sah berupa kurang salur dana bagi hasil pajak dari Provinsi Jawa Barat.

“Jika dibandingkan dengan APBD  murni tahun 2017, peningkatan pendapatan daerah yaitu sebesar 751,773 Milyar Rupiah  setara dengan 12,38 persen  dari yang semula ditargetkan sebesar 6, 70 Trilyun Rupiah,”ungkapnya.

Sedangkan menurut Bupati Bogor terkait belanja daerah setelah pembahasan perubahan APBD tahun 2017 ini, total belanja daerah mengalami kenaikan sebesar 75,981 Milyar Rupiah atau naik 1,03 persen dari belanja yang semula diusulkan sebesar 7, 348 Trilyun Rupiah sehingga total belanja daerah hasil pembahasan menjadi sebesar 7, 424 Trilyun Rupiah.

“Jika dibandingkan dengan belanja pada APBD murni tahun 2017 yang direncanakan sebesar 6,563 Trilyun Rupiah, maka total belanja  daerah mengalami peningkatan sebesar 861,455 Milyar Rupiah atau naik 13,13 persen,”katanya.(Diskominfo/rul)

Comments