Hemat 3,5 Triliun Per Tahun, IBT 3 Cibinong Resmi Beroperasi

GUNUNG PUTRI-

PT PLN (persero) Unit induk pembangunan Jawa bagian tengah, meresmikan Interbus Transformer (IBT) unit 3 di Gardu Induk Tegangan Ektra Tinggi ( GITET) Cibinong. Di Desa Tlajungudik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor Senin (30/10/17). Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa bagian tengah 4 Zaky Adikta mengatakan, dengan dibangunnya trafo IBT 3 Cibinong, maka PLN akan mampu mentransfer data listrik sebesar 500 MVA dari tegangan 500 MVA dari tegangan 500 kV. Menjadi tegangan 150 kV, yang kemudian akan disalurkan untuk memperkuat keandalan pasokan listrik di Bogor dan Bekasi.

“Maka percepatan penyelesaian pembangunan IBT 3 Cibinong akhirnya bisa rampung dengan komunikasi dan sinergi dari semua stakeholder. Alhamdulillah saat ini kami bisa persembahkan IBT 3 sebagai kado Hari Listrik Nasional Ke 72,” kata Zaky saat ditemui bogorOnline.com diokasi.

Sambung General manajer PLN UIP JBT II, Amihwanuddin menambahkan, diresmikanya salah satu infrastruktur ketenagalistrikan ini juga menandakan kesiapan memperkuat keandalan layanan listrik dari PLN. Khususnya suplay daya ke sebagian Propinsi Jawa Barat (Jabar). Percepatan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, namun selain itu dengan beroprasinya IBT 3 Cibinong. Dapat memberikan manfaat bagi PLN dalam upaya menekan biaya pokok produksi tenaga listrik.

“Beroprasinya IBT 3 ini kami dapat menghemat 3,5 Triliyun dalam setahun, karena dengan beroprasinya IBT 3 ini suplai daya dari pembangkit yang kurang efisien. Digantikan dengan suplay daya pembangkit yang lebih efisien dari sistem 500 KV,” tambahnya.(rul)

Comments