Kabid Ratik Km Sumardi: BPBD Pemkab Bogor Berikan Bantuan Langsung Tunai 24 Kecamatan

CIBINONG-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bogor kembali berikan bantuan tunai kepada para korban bencana diwilayah Bumi Tegar Beriman, mulai dari Januari 2017 di kantornya sejak Senin 2/10/17 sampai Jumat 6/10/17. Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada Badan BPBD Kabupaten Bogor Km Sumardi mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah slalu pihaknya kalau ini mencakup, 24 Kecamatan, 281 KK, dengan rusak berat 78 dan rusak ringan 215. Dengan  jumlah nominal penerima bantuan bervariasi tergantung katagori kerusakan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bogor kepada masyarakatnya,tidak hanya dimulut semata. Dimana kantornya ramai didatangi masyarakat yang juga di dampingi oleh pihak Desa setempat untuk mengambil bantuan,” ujarnya saat ditemui Wartawan.

Sumardi menambahkan, bantuan tunai yang di berikan tersebut merupakan terobosan baru. Pasalnya selama ini sebelum ditata struktur yang baru bantuan lebih condong kepada logistik dan adanya transparansi dari BPBD. Menjadi sorotan nasional bahkan dijadikan contoh oleh Provinsi lain. Dengan begitu dirinya menghimbau kepada aparat desa ataupun kecamatan yang mendampingi untuk tidak melakukan potongan apapun kepada penerima bantuan. Kerena sistem pengambilan bantuan tidak bisa diwakilkan, ada pun jika ada perbedaan data yang sering terjadi. Antara nama panggilan dengan nama yang tertera di KTP harus ada keterangan pertanggung jawab dari desa setermpat ataupun Kecamatan.

“Karena kami harus detail agar tidak salah dalam memberikan bantuan,” tegasnya.(rul)

Comments