Pemkab Bogor Gelar Focus Group Discussion, Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran

CIBINONG-

Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersama Balitbang Kemendagri melaksanakan Focus Goup Discussion(FGD) Uji Coba Rekayasa Model Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran di Kabupaten Bogor, bertempat di Ruang Rapat I Gedung Sekretariat Daerah, Komplek Pemda Tegar Beriman, Jumat (6/10).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor Burhanudin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas ditetapkannya Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Parung Kabupaten Bogor sebagai lokasi pilot project model inovasi pelayanan akta kelahiran.

Ia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan focus grup discussion ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mendiskusikan percepatan cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi seluruh warga negara Indonesia melalui mekanisme penerapan inovasi pelayanan akta kelahiran, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

“Forum ini merupakan bagian dari proses sinergi dan konsolidasi guna mendapatkan strategi yang tepat dalam peningkatan cakupan pelayanan pencatatan sipil, khususnya untuk mencapai target cakupan kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun sebanyak 85% pada tahun 2017 ini”, tegasnya.

Burhanudin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor mendukung program ini agar terlaksana, dengan harapan dapat menjadi pedoman dasar ataupun sarana perbaikan pelayanan akta kelahiran, baik di Kabupaten Bogor sendiri maupun daerah lainnya.

“Oleh karenanya, melalui forum ini saya mengajak agar semua pihak untuk bersinergi dalam pelaksanaan uji coba inovasi pelayanan akta kelahiran ini, baik pada tahap persiapan, pelaksanaan maupun pada tahap evaluasi dan penyempurnaan sesuai dengan kewenangan yang ada di instansi masing-masing”, ujar Burhanudin.

Kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 30 orang, dari unsur staf instansi pelaksana (Disdukcapil), sejumlah perwakilan Perangkat Daerah (PD) dan Instansi vertikal, Kecamatan dan Desa, serta beberapa organisasi masyarakat yang terkait dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, Kepala Puslitbang Adwil, Pemdes dan Kependudukan Balitbang Kemendagri serta Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Balitbang Kemendagri.(Diskominfo/rul)

Comments