64 Pemuda Kabupaten Bogor Ikut Diklat Wirausaha

MEGAMENDUNG – Sebanyak 64 pemuda dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor mendapat Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Tingkat Lanjutan Bidang Kewirausahaan. Diklat yang di gelar di Hotel Bale Arimbi, Jalan Raya Puncak Bogor sejak Senin (13/11) hingga hari ini Rabu (15/11), merupakan kerjasama antara Karang Taruna Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor dengan Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor di dukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor.

Ketua Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan, Diklat Kepemimpinan tingkat lanjut bidang wirausaha merupakan ikhtiar untuk membangun jiwa wirausaha di kalangan pemuda. Menurut dia, dengan pembekalan materi dari para praktisi dan pengambil kebijakan, para peserta diharapkan bisa merencanakan usahanya dengan baik dan memanfaatkan peluang untuk mendukung kegiatan usahanya. “Selama tiga hari ini, peserta mendapat materi dari belasan narasumber yang kompeten. Dengan demikian mereka mendapat banyak masukan, motivasi dan juga hal-hal berkaitan teknis, kreatifitas dan inovasi untuk menjalankan usaha,” ujarnya.

Egi yang juga anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor akan mendorong para peserta untuk menjadi wirausahawan yang sukses dengan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya dan lingkungannya. “Target utama dari kegiatan ini adalah membangkitkan jiwa wirausaha para peserta, kemudian kami akan melakukan upaya lain dengan mempertemukan mereka dengan stake holder untuk memajukan usaha mereka,” katanya.

Misalnya, untuk hal berkaitan dengan pengembangan UMKM dan Industri nanti bisa ditindaklanjuti oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, permodalan dengan Perbankan dan sebagainya. “Langkah awalnya, alumni dari Diklat ini beserta nara sumber akan tetap saling terhubung melalui group whats ap dan media sosial yang lain,” cetusnya.

Egi berharap, melalui komunikasi yang terbuka, mereka saling berbagi informasi, termasuk untuk mengakses program pemerintah di bidang kewirausahaan (ful)

Comments