Kabid Ratik BPBD Sumardi: 11 Warga Sukamakmur Korban Longsor, Telah Direlokasi

CIBINONG-

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Km Sumardi mengatakan, belum lama ini pihaknya sudah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan berupa logistik. Terhadap sebelas orang warga Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur korban tanah longsor. Akibat adanya pergerakan tanah pada daerah tersebut. Langkah yang dilakukan oleh pihaknya itu langsung dipimpin oleh dirinya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD,
Ppd kecamatan, desa dan warga sekitar. Secara bergotong royong, untuk mendata korban yang terkena bencana longsor.

“Setalah melihat secara langsung ternyata 11 warga itu perlu direlokasi bernama Dedi Kampung Ganda RT6/2, Maksudin, Ahmad Rohman, Maesaroh, Endang, M.Ajab Ruhimat, Nanang Kampung Cibunglu RT1/2, Enang Kampung Jawa RT3/2, Siti Aisah, Engkus dan Koswara,” ujar Sumardi saat ditemui bogorOnline.com di meja kerjanya Selasa (21/11/17).

Sumardi menambahkan, selain itu sebelumnya guna mencegah terjadinya korban jiwa. Pihaknya juga sudah memberikan surat edaran siaga darurat bencana, secara resmi kepada desa,  kecamatan untuk diberitahukan kepada warganya. Dalam pemberitahuan secara tertulis itu, menganai siaga darurat tanah longsor dan banjir salah satunya di Bumi Tegar Beriman. Mulai tanggal 1 November sampai 31 Mei 2018.
Dengan adanya peringatan tersebut untuk meminta kepada Tim Satuan Tugas (Satgas), melaksanakan piket siaga bencana 24 jam di kantor Opd maaing-masing desa dan kecamatan. Ditambah meminta kepada masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana segera, mengungsi apabila hujan turun dengan intensitas yang tinggi. Dan menyiapkan tim evakuasi sebagai langkah antisipasi.

“Kami juga meminta kepada para Kepala Desa (Kades) memberdayakan para relawan yang sudah dilatih oleh BPBD Pemkab Bogor,” tambahnya.(rul)

Comments