Mau Jadi Pemuda Pengusaha, Ini Syaratnya

 

MEGAMENDUNG – Kepala Bidang Pelayanan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor, Enjang Karyono dan Ketua Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa berbagi kiat kepada pemuda Kabupaten Bogor yang menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Tingkat Lanjutan Bidang Kewirausahaan untuk menjadi pemuda pengusaha.

Enjang mengatakan, yang pertama adalah meluruskan definisi tentang apa itu wirausaha. Menurut dia, wirausaha tidak melulu soal jual beli. “Yabg tak kalah penting adalah Inovasi, melakukan apa yang bisa kita lakukan, itu sudah termasuk jiwa enterpreneur,” ujarnya.

Enjang menekankan, jangan salah artikan wirausaha itu hanya dagang. Ia memberi sejumlah contoh tokoh yang sukses melakukan inovasi dan kemudian pada akhirnya menjadi sumber rejeki. “Pernah dengar soal Habibi, bukan mantan presiden, tapi seorang yang ditengah keterbatasan fisiknya mampu membuat aplikasi yang bermanfaat dan mendatangkan omzet ratusan juta rupiah perbulan,” kata Enjang, ditengah acara PPDK di Bale Arimbi, Rabu (15/11)

Menurut Enjang, saat ini jamannya globalisasi, jamannya masyarakat ekonomi ASEAN dan jaman dimana teknologi informasi berkembang sangat pesat. “Karena itu manfaatkan dengan baik teknologi informasi untuk hal yang bermanfaat,” katanya
Syarat lainnya, adalah menjaga hubungan baik dengan siapapun. Menurut Enjang, bisnis apapun memerlukan jaringan agar bisa berjalan. “Tanpa jaringan, apapun yang kita punya akan sia-sia,” kata dia

Ditempat yang sama, Ketua Forum Pemuda Pelopor, Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan, syarat untuk jadi pengusaha sukses adalah harus bekerja keras dan pantang menyerah. Egi juga berpendapat, pemuda harus membangun karakter dan memiliki kedisiplinan yang tinggi. “Disiplin itu jadi modal utama, disiplin tidak bisa dijual beli, tidak bisa dipinjam, apalagi di kredit. Disiplin kita dapat dengan berlatih,” kata Egi, seraya mengucapkan terimakasih kepada Dua instruktur Diklat yang didatangkan dari personil TNI Markas Kodim 0621 Kabupaten Bogor.
Egi juga mengatakan, kejujuran juga menjadi karakter penting bagi pemuda untuk membangun usaha. Selain itu, pemuda harus pintar memanfaatkan peluang dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. “Kita juga harus mencapai sesuatu yang lebih baik. 10 tahun lalu saya mendapat penghargaan sebagai pemuda pelopor dan sekarang saya menjadi anggota DPRD,” kata Egi yang juga anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor.

Kegiatan Diklat Kepemimpinan Dasar Bidang Kewirausahaan merupakan kerjasama Karang Taruna, Forum Pemuda Pelopor dan Dispora Kabupaten Bogor. Diklat berlangsung aelama tiga hari sejak Senin (13/11).

 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, Irfan Drajat mengatakan, Pendidikan dan Pelatihan tingkat lanjutan bidang Kewirausahaan yang diselenggarakan atas kerja sama Karang Taruna dengan Forum Pemuda Pelopor dan Dispora Kabupaten Bogor merupakan Refleksi Kepedulian dan Konsistensi Karang Taruna Kabupaten Bogor dalam membina dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas juga integritas generasi muda yang merupakan pengurus Karang Taruna.
“Pelatihan yang di isi para praktisi dunia usaha, akademisi, pimpinan organisasi, dan dari Militer juga di harapkan Mampu menambah wawasan dan Pengetahuan serta meningkatkan motivasi serta spirit para peserta agar mereka bisa menjadi Pengusaha-pengusaha muda yang mampu membantu meningkatkan ekonomi keluarga, masyarakat dan Pemerintah,” kata dia. (ful)

Comments