Walikota Serahkan Renovasi RTLH CSR PDAM Tirta Pakuan

Bogor – bogorOnline.com

Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi jajaran direksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Selasa (21/11/2017) siang secara resmi menyerahkan hasil renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)  kepada Acih Juarsih (69) warga RT 01 RW 10, Gang Masjid, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Rumah yang diserahkan ini merupakan RTLH yang direnovasi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Menurut Direktur Umum (Dirum) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, PDAM Tirta Pakuan merupakan perusahaan daerah yang harus bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Bogor. Salah satu bentuk pertanggungjawaban terhadap kesejahteraan, diantaranya dengan memperhatikan warga Kota Bogor melalui program renovasi RTLH.

“Untuk itu melalui program ini kami mencoba membantu meringankan beban warga,” katanya.

Tahun ini kata Rino ada tujuh RTLH yang direnovasi dengan jumlah dana RP. 450 juta. Sementara itu, rencananya di tahun depan akan lebih difokuskan pada saluran sanitasinya atau yang masih berhubungan dengan core bisnis PDAM Tirta Pakuan.

“Ketujuh RTLH ada setiap kecamatan, khusus satu RTLH dekat sumber air PDAM Tirta Pakuan di daerah Cibanon, Sukaraja Bogor yang nantinya akan dibangun fasilitas WTP (Water Treatment Plant) baru, kedepan kita akan lebih bersinergi dalam renovasi RTLH ini,” terangnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, rumah adalah surga dunia, rumah adalah tempat dimana tempat menjadi baik dan sehat atau sebaliknya. Rumah yang baik dan sehat akan membuat kita menjadi sehat.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor senantiasa berupaya agar warga dapat tinggal ditempat yang layak, namun keterbatasan anggaran sementara itu permintaan banyak, bahkan saat ini kurang lebih ada 9.000 permohonan RTLH yang perlu diperhatikan, sehingga perlu untuk bekerja sama dengan semua pihak,” kata Bima yang berdoa agar warga yang menerima dapat hidup lebih berkualitas.

Camat Bogor Timur Adi Novan yang turut mendampingi menyampaikan apresiasi dan berharap program ini terus berlanjut di wilayah lainnya. Ia menyebut warga Kecamatan Bogor Timur yang masih belum memiliki rumah atau yang tergolong RTLH cukup banyak,.

“Ada sekitar 3.000-an warga,” sebut dia.

Acih Juarsih (69) warga yang rumahnya direnovasi mengungkapkan rasa syukurnya karena merasa sangat terbantu dengan program renovasi RTLH Pemkot Bogor melalui PDAM tirta Pakuan.

”Waktu dulu rumah sering bocor saat hujan turun, tapi Alhamdulillah sekarang udah engga, semoga anak dan cucu saya sehat dengan rumah yang sudah bagus ini,” kata Acih yang menyebut rumahnya ditempati 10 orang.

Selain Ibu Acih Juarsih, warga Kota Bogor lainnya yang menerima bantuan serupa, diantaranya Babay Bushori warga Kampung Seremped, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Mali warga Kampung Tari Kolot, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Siti Rohana warga Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Yudi Hendiarko warga Panaragan Kidul, Kecamatan Bogor Tengah dan Komarudin warga Pasir Angin, Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Selain itu program CSR ini diberikan kepada warga di Lomba P2WKSS Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, tepatnya warga Muara Kidul diantaranya Nurdin (RT. 03 RW.11), Lili Marhali (RT.03 RW.11) dan Mamad (RT.01 RW.11). (Nai)

Comments