YOSEP STANLEY BERHARAP SELURUH ORGANISASI PERS HADIR DALAM HPN 2018

JAKARTA – Hari Pers Nasional sebagai acara tahunan terbesar insan pers Indonesia diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam membangun daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan acara.
Hal tersebut dikatakan Deputi II Pelaksana HPN 2018, Muhammad Ihsan, dalam audiensi dan laporan pelaksanaan HPN Maluku 2017 kepada Dewan Pers di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Kamis (23/11).
“Pelaksanaan HPN terbagi menjadi dua agenda besar, pertama untuk membicarakan pers itu sendiri, dan membahas pembangunan daerah sebagai bukti pers memiliki kontribusi dalam pembangunan,” ujar Ihsan.
Ihsan menyampaikan bahwa dalam HPN 2017 di Maluku, ada banyak potensi pariwisata yang diangkat oleh insan pers dan media. Hal tersebut memberikan semacam rangsangan pada Pemerintah Pusat untuk semakin bersemangat membantu pembangunan infrastruktur di daerah.
Sementara untuk dunia agenda pers, Ihsan menuturkan, dalam HPN 2017 yang dipusatkan di Ambon, banyak diselenggarakan berbagai forum diskusi dan sarasehan mengenai digitalisasi media.
Ini berarti, HPN 2018 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat akan melanjutkan pembahasan yang telah dilakukan di HPN 2017 di Maluku.
“HPN di Sumbar nanti adalah kelanjutan cerita dari HPN di Maluku yaitu bagaimana masa depan media dan masa depan wartawan di Indonesia,” jelasnya.
Dalam audiensi tersebut, Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Presetyo menyampaikan bahwa insan pers memang perlu mendiskusikan bersama soal masa depan pers nasional. Ia sangat berharap seluruh organisasi pers dapat hadir dalam HPN 2018 di Sumbar mendatang dan membuat HPN Sumbar sukses sebagaimana HPN Maluku tahun lalu.
“Isu masa depan wartawan ini memang perlu diangkat dan didiskusikan. Kami sambut baik jika itu masuk dalam bagian konvensi di HPN. Saya juga berharap semua organisasi profesi jurnalis untuk dapat hadir di Sumbar,” harapnya.
HPN Sumatera Barat akan menghelat acara puncak di Kota Padang pada 9 Februari 2018 mendatang. Rangkaian acara akan diisi dengan pameran literasi bersama universitas di Sumbar serta konvensi pers yang akan dihadiri wartawan seluruh Indonesia.
Acara HPN Sumatera Barat 2018 dilaksanakan oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (*)

Comments