Joko Purwanto Sebar Bibit Ikan Hias

Jenis Ikan Koi, Sangat Penting Untuk Dibudidayakan
Bogor – bogorOnline.com
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) RI fraksi PPP dari dapil Jabar III, Joko Purwanto, membagikan bibit ikan hias kepada 100 orang warga Kota Bogor. Pembagian bibit ikan hias dilakukan pada acara penguatan kelembagaan iptek, hasil kerjasama Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (kemristekdikti) dengan menggelar pelatihan dan diseminasi pusat unggulan inovasi daerah budidaya ikan hias di Hotel Sahira, Kota Bogor, Senin (4/12/17).
Anggota DPR RI Joko Purwanto mengatakan, sosialisasi ini sangat penting, sehingga harus terus diprogramkan dan harus lebih di kedepankan. Budidaya ini, lanjut dia, salah satu contoh jenis ikan Koi, sangat penting untuk dibudidayakan, dijual dan dipasarkan.
“Dalam usaha ini kita harus memiliki modal dan kemampuan. Usaha ini harus berhasil,” kata dia, kepada para peserta sekitar 100 orang.
Rahmat, salah satu peserta dari Kelurahan Kebon Kalapa mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan budidaya tersebut.
“Dengan adanya pelatihan ini saya termotivasi untuk melakukan budidaya ikan,” ujar Rahmat.
Pelatihan dan diseminasi ini diisi oleh Balitbangdias (balai penelitian dan pengembangan budidaya ikan hias) serta kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi RI.
Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan pemahaman tentang tata cara budidaya ikan hias terutama jenis ikan Koi, pemilihan dan tata cara pemilihan pakan, kemudian perawatan ikan terutama menanggulangi kemungkinan resiko penyakit. Setelah pelatihan tersebut, peserta bisa langsung membawa bibit ikan dan dibudidayakan di rumah masing-masing. (Nai)

Comments