Paguyuban Sundawani Dukung Pameran Ragam Pesona Kujang

Jaga dan Lestarikan Warisan Budaya Sunda
bogorOnline.com
Paguyuban Sundawani DPD Bogor Raya mendukung penuh pameran “Ragam Pesona Kujang” yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Desember 2017 mendatang di Mall Botani Square, Kota Bogor. Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD Sundawani Bogor, Agus W.S (Kang Adi) kepada pemilik kujang Bogor Roni Sanghyang Naga.
Kang Adi mengaku, kedatangannya ke kediaman Roni di wilayah Pamoyanan, Kota Bogor, merupakan tarikan batin sesama jati diri sunda. Sehingga, komunikasi secara silaturahim tatap muka terbangun.
Kang Adi yang didampingi Sekjen dan Ketua Bidang Usaha DPD Sundawani Bogor tersebut, juga mengakui bahwa pemilik atau salah satu kolektor kujang asli Bogor berada ditangan Roni Sanghyang Naga merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya yang harus dirawat bersama.
“Saya justru mendapatkan informasi dari saudara kita di Bandung yaitu Ki Jayabaya. Beliau berpesan untuk juga mencari tahu keberadaan pusaka kujang Bogor yang diwarisi oleh salah satu warga yang ada di Bogor yaitu Kang Roni. Alhamdulillah, malam ini kami bertemu dan saya bersyukur ternyata masih ada senjata asli sunda yang dijaga dan dirawat dengan baik,” terang Kang Adi saat ditemui wartawan, di kediaman Roni Sanghyang Naga, Kamis (14/12/17) malam.
 
Kang Adi yang selama ini membesarkan Paguyuban Sundawani di Bogor, juga merasa terpanggil untuk ikut menjaga serta melestarikan apa yang menjadi warisan leluhur sunda salah satunya senjata kujang. Sebab, jika bukan generasi saat ini yang tidak menjaga dengan baik apa yang menjadi warisan para pendahulu, ia khawatir anak cucu dan turunan kita kedepan tidak mengenal lagi budayanya.
“Menjaga dan melestarikan merupakan tugas kita bersama, jangan sampai salah kaprah,” kata Kang Adi.
Sementara, Roni Sanghyang Naga juga merasa terhormat dengan kedatangan Paguyuban Sundawani ke padepokan XPDC Kujang. Dengan kedatangan tersebut, Roni juga semakin berbesar hati bahwa selama ini ternyata Paguyuban Sundawani juga menjaga dan membesarkan warisan leluhur salah satunya senjata kujang.
“Alhamdulillah, kedatangan Kang Adi beserta rengrengannya semakin menguatkan rasa cinta kami terhadap kasundaan. Terimakasih untuk Sundawani yang juga akan mendukung pameran Ragam Pesona Kujang,” tandas Roni. (Nai)

Comments