Suasana Haru Iringi Pemberian Bantuan, Bencana Di BPBD Pemkab Bogor

CIBINONG –
Suasana haru iringi pemberian bantuan dana kepada para korban bencana alam yang tersebar di 25 Kecamatan se Bumi Tegar Beriman. Oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor belum lama ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Kabid Ratik) pada BPBD Pemkab Bogor, Tb. Sumardi mengatakan, dari hasil pendataan oleh pihaknya
ada 251 kartu keluarga (KK) dan 693 jiwa, yang rumahnya mengalami rusak berat 87 dan rusak ringan 167 yang diberi secara langsung bantuan uang tunai oleh Pemkab Bogor. Penyaluran
bantuan kepada para korban bencana alam yang tersebar 25 Kecamatan se-Kabupaten Bogor yakni Kemang, Cigombong, Leuwisadeng, Leuwiliang, Cibinong, Megamendung, Sukamakmur, Tenjolaya, Caringin, Ciawi, Rumpin, Ciomas, Cisarua, Dramaga, Pamijahan, Citeureuf, Tamansari, Ciampea, Nanggung dan Babakan Madang dan lainnya. Dibagikan kepada warga secara langung yang datang ke kantor BPBD.

“Bantuan itu nilainya bervariasi yang diterima secara langsung oleh para warga yang terkena bencana. Mulai nilai uang Rp.5 juta, Rp.10 juta hingga Rp.15 juta per KK,” ujarnya saat ditemui Wartawan di lokasi.

Sumardi menambahkan, pemberian bantuan bencana yang dialami warga juga bermacam-macam musibah. Mulai dari angin puting beliung, tanah longsor, rumah rusak ringan hingga berat dan kebakaran. Yang pada sebelumya pihaknya sudah melakukan pendataan dibantu oleh petugas RT, RW, Desa/Kelurahan dan Petugas Pemerintahan kecamatan setempat. Agar sesuai dengan juklak dan juknis petunjuk dari Bupati Bogor Nurhayanti.

“Supaya semuanya sesuai data yang diperoleh di lapangan, agar bantuan ini tepat sasaran,” tambahnya.

Terpisah salah seorang warga yang terkena bencana alam kebakaran Supriatna warga Kampung Lengsir RT 05 RW 02, Desa Karikil mengatakan, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Bogor yang telah memberikan bantuan kepada para korban bencana alam tanpa ada potongan apa pun.

“Alhamdulillah saya mendapatkan bantuan uang dari Pemerinta, untuk saya pergunakan perbaikan rumah kembali,” harunya saat di lokasi.(rul)