by

Ichsan Sebut Empat Pilar Memperkuat Nasionalisme

BOGOR – Anggota MPR / DPR RI Dapil V Jawa Barat, Ichsan Firdaus menyebut empat pilar dapat memperkuat nasionalisme. Menurut dia, ideologi Pancasila, Kebhinekaan, NKRI dan UUD 1945 merupakan satu kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
“Kita harus mensyukuri empat pilar ini sebagai hadiah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa ini,” ujarnya, disela sosialisasi empat pilar di Cisarua Bogor.

Politisi Partai Golkar tersebut menambahkan, sebagai pilar kebangsaan dan kenegaraan, UUD 45, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bertanah air. Untuk itu, kata dia, sosialisasi empat pilar ini harus terus menerus dilakukan oleh semua komponen bangsa. “Maka dari itu kita harus menjaga empat pilar ini dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ichsan juga mengingatkan, empat pilar kebangsaan menjadj konsep kebangsaan yang menarik perhatian banyak negara dunia. Kematangan dan ketulusan para pendiri bangsa dalam merumuskan empat pilar ini, lanjutnya, merupakan warisan yang tidak ternilai yang membuat bangsa ini tetap ada dan semakin maju. “Indonesia ini sangat kaya, sangat beragam dan falsafah bhineka tunggal ika mempersatukan kita,” tandasnya (*)

News Feed