Penanganan RTLH Jadi Prioritas Pasangan RZ

 

bogorOnline.com

Tidak bisa di pungkiri, disejumlah wilayah di Kota Bogor masih saja banyak rumah rumah warga yang tidak layak huni belum mendapatkan perhatian bantuan dari Pemerintah Kota Bogor. Permasalahan RTLH itupun menjadi perhatian calon Walikota nomor urut satu, Achmad Ru’yat.

Saat kampanye blusukan di wilayah Sindang Barang Pengkolan, Kelurahan Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat, Ru’yat menemukan sejumlah rumah rumah warga yang tidak layak huni tetapi belum mendapat perhatian bantuan pemerintah.

“Kita prihatin yaa, masih banyak rumah rumah warga belum mendapatkan perhatian dari Pemkot Bogor. Soal RTLH ini memang sejak awal menjadi konsentrasi kami dan sudah masuk kedalam salah satu program Pasangan RZ,” kata Ru’yat.

Blusukan kembali dilanjutkan, namun saat diperjalanan Ru’yat bertemu salah satu warga yang kondisi rumahnya sangat tidak layak huni. Ia pun menemui pemilik rumah dan melihat kondisinya.

Benar saja, ketika melihat lihat, rumahnya sangat memprihatinkan, bahkan terlihat seperti bukan sebuah rumah. Dinding rumahnya hanya sebagian dibangun, sisanya dilapisi oleh kayu-kayu lapuk dan atap nya menggunakan seng bekas.

“Saya asli orang sini. Diam disini sejak tahun 2011, tanah ini pun warisan dari Almarhum ayah. Saya sudah mengajukan kepada Pemkot Bogor dari tahun 2016 untuk meminta bantuan, tetapi sampai saat ini belum ada bantuan sama sekali,” tutur pemilik rumah, Nani (35) kepada Achmad Ru’yat.

Melihat kondisi tersebut, Ru’yat sangat prihatin karena masih banyak ditemukan kondisi rumah warga yang tidak layak huni dan membutuhkan bantuan serta perhatian.

“Nanti ketika pasangan RZ terpilih, hal ini tentu menjadi dasar untuk peningkatan kebijakan anggaran dalam penanganan RTLH, sehingga bisa lebih tepat sasaran. Insya Allah ini akan menjadi bahan catatan ketika kami melaksanakan tugas nanti,” jelas politisi PKS yang berpasangan dengan calon Wakil Walikota Zaenul Mutaqin (ZM) ini.

Pasangan RZ memiliki komitmen dan program untuk membangun Kota Bogor yang nyaman secara lahir bathin.

“Banyaknya warga yang membutuhkan bantuan RTLH, Pemkot Bogor tetap harus memprioritaskan anggaran untuk RTLH ini,” pungkas Ru’yat. (Nai/ist)