TERTIBKAN SPANDUK LIAR, PETUGAS SATPOL PP MALAH DIUSIR PENGELOLA PERUMAHAN

GUNUNGSINDUR – Aparat unit satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kecamatan Gunungsindur, mendapat perlakuan tidak wajar dari pihak pengelola Perumahan Graha Serpong Hijau. Petugas penegak peraturan daerah (Perda) ini justru mendapat perkawanan, saat hendak meneertibkan spanduk liar alias tidak memiliki izin dari pemerintah setempat.

Peristiwa langka ini terjadi di Perumahan Graha Serpong Hijau milik PT. PCAL tepatnya di Kampung Kebon Kopi RT. 04 RW 06 Desa Pengasinan, Kecamatan Gunungsindur. Pihak pengelola perumahan melakukan perlawanan karena mengklaim pemasangan spanduk perumahan berada di area tanah milik perusahaan.

“Pengelola perumahan mengaku spanduk – spanduk yang dipasang, berada di tanah miliknya. Menurut mereka tanah itu bukan milik Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujar Arom seorang petugas unit Ssatpol PP Kecamatan Gunungsindur, kepada wartawan, Kamis (15/3/2018).

Arom mengatakan, saat petugas menemui pihak pengelola perumahan tersebut, aparat Satpol PP dilarang menginjak lahan milik perusahaan pengembang perumahan dan sempat diusir. “Bahkan pihak perumahan mengaku akan melaporkan petugas Satpol PP ke komnas HAM, terkait masalah ini,” Ungkapnya.

AromĀ  menambahkan, sebelumnya pihak pemerintah Kecamatan Gunungsindur, sudah melayangkan surat kepada para penyelenggara reklame, untuk mengurus perizinan terlebih dahulu. “Dalam surat tersebut, dicantumkan juga peringatan bahwa apabila penyelenggara reklame tidak mengurus izin, akan ditertibkan oleh Satpol PP.” ujarnya.

Sementara Camat Gunungsindur Yodie MS Ermaya mengatakan segera akan memanggil pihak pengelola perumahan tersebut. Menurutnya, petugas unit Satpol PP Kecamatan Gunungsindur hanya melaksanakan tugas sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum. Dalam hal ini terkait prosedur ijin pemasangan reklame. “Pemasangan spanduk tersebut (Perumahan Graha Serpong Hijau-red) tidak memiliki izin. Jadi hendak ditertibkan.” tandas Camat Gunungsindur Yodie MS Ermaya. (MUL)

Comments