Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran, Ribuan Pusaka akan Diarak Keliling Bogor

 

bogorOnline.com

Ribuan Budayawan dan Seniman se-Jabodetabek dan Jawa Barat bakal turun kejalan untuk mengikuti acara kirab pusaka pakwan padjajaran dan kaul paguron silat pertama dan terbesar di Bogor. Kirab pusaka akan berlangsung pada Ahad (6/5/18) mendatang.

Event ini digagas oleh lima padepokan di Bogor, antara lain, Padepokan Gosali Teupa Kujang, Palataran Pakujajar Sipatahunan, BKP, Sundawani dan PPSI. Perhelatan kirab sendiri direncanakan mendapat dukungan berbagai organisasi dan padepokan se-Jawa Barat.

“Rute kirab sendiri dimulai dari Balaikota menuju lapangan sempur. Rangkaian kegiatannya akan di isi dengan berbagai pertunjukan seperti pameran pusaka, silat dan pembuatan kujang oleh guru teupa Abah Wahyu serta dari tim Gosali Teupa Kujang yaitu abah Edianata,” ujar salah satu pengagas acara dari Padepokan Gosali Roni Ramdhani, Kamis (2/5/18) petang.

Roni pun menjelaskan, acara kirab akan dihadiri oleh berbagai padepokan yang ada di Jawa Barat. Mengingat, event kirab pusaka ini pertama dan terbesar di Bogor dengan melibatkan seluruh organisasi dari para budayawan dan seniman di Jawa Barat.

“Lebih dari 5000 dari personil akan terlibat dalam kegiatan ini. Kami pun mengajak masyarakat untuk menghadiri turut serta dalam mensukseskan acara ini. Karena, seperti diketahui bahwa budaya merupakan salah satu jalan pemersatu bangsa, terlebih pada kondisi sekarang ditengah tengah guncangan isu hoax, sara dan hal hal yang sifatnya dapat memecah persatuan,” jelasnya.

Terkait Pusaka yang dimaksud, sambung Roni, yaitu mengenai artefak peninggalan masa lampau seperti Kujang, Keris Padjajaran, Tombak, Golok dan Pedang. Dimana, hal demikian diperkirakan sebagai peninggalan Pakwan Padajaran.

“Jadi, selain yang dijelaskan itu, kami juga nanti akan mencoba menampilkan pembuatan Kujang secara langsung di lapangan sempur pada hari kedua tanggal 7 mei. Tujuannya supaya masyarakat mendapat edukasi pengetahuan tentang pembuatan Kujang yang selama ini menjadi ikon khususnya Kota bogor dan Jawa Barat umumnya,” ungkapnya.

Roni melanjutkan, kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan kirab pusaka ini. Pasalnya, kami meyakini masih banyak lapisan masyarakat yang masih menyimpan pusaka peninggalan leluhurnya.

“Mari kita jadikan Kirab ini sebagai momentum luar biasa bagi kebangkitan budaya ditatar sunda khususnya dan wilayah lain umumnya. Insha Allah plt Walikota, Kepolisian, unsur muspida dan pihak lainnya juga turut serta memeriahkan. Mudah-mudahan saja ada surprise dukungan dari orang nomor satu di Indonesia,” pungkasnya. (Nai)