PMI Kabupaten Bogor, Perkuat Petugas Ambulance

CIBINONG-

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupan Bogor gelar pelatihan spesialisasi petugas ambulance yang diikuti oleh 40 peserta dari anggota Korps Sukarela ( KSR ) pada 21 hingga 24 Juni 2018 di Aula Markas PMI Kabupaten Bogor. Mereka adalah anggota KSR yang telah memiliki sertifikasi pertolongan pertama dan dasar-dasar pertolongan pertama sebelumnya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor Abidin mengatakan, tujuan pelatihan petugas Ambulance PMI Kabupaten Bogor ini demi meningkatkan kemampuan pelayanan Ambulance saat gawat darurat. Memberikan pertolongan pada evakuasi korban kecelakaan maupun bagi pasien rujukan dari rumah ke rumah sakit. Serta rumah sakit ke rumah sakit.

“Spesialisasi petugas Ambulance PMI merupakan kurikulum wajib yang harus dimiliki oleh setiap anggota KSR PMI, guna memberikan peningkatan kemampuan pertolongan pertama secara profesional bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Abidin.

Abidin menambahkan, materi yang diberikan yaitu tentang manajemen Ambulance dari tindakan pertolongan pertama, tindakan dalam Ambulance, teknis mengemudi Ambulance dan peraturan lalu lintas dalam gawat darurat. Materi disampaikan oleh pelatih PMI Kabupaten Bogor dan PMI Pusat, dengan metode teori, focus group discussion dan praktek simulasi lapangan.

“Hasil yang diharapkan, petugas Ambulance PMI Kabupaten Bogor bisa melengkapi kemampuan dalam menunjang armada Ambulance yang telah dimiliki PMI Kabupaten Bogor. Selanjutnya kami juga berharap bisa berkontribusi mensukseskan Pilkada serentak di Kabu[aten Bogor,” tambahnya.

Ia pun melanjutkan, setelah pelatihan petugas Ambulance, PMI Kabupaten Bogor.berencana menggelar pelatihan media safety bagi petugas media yang ada di Kabupaten Bogor.(Diskominfo/rul)