Atap Sekolah Ambruk, Nyawa Ratusan Siswa SDN 03 Rabak Terancam

PARUNGPANJANG – Bertahun-tahun belum diperbaiki, Plafond ruang kelas SDN Rabak 03 ambruk. Pasalnya, kontruksi bangunan atap yang terbuat dari kayu mengalami keropos sejak lama akibat sering kebocoran berdampak pada rapuhnya bangunan sekolah.

Kejadian itu terjadi pada Sabtu 10/08/2018 kemarin, akibatnya di SDN Rabak 03 di Desa Cikuda, Kecamatan Parungpanjang terganggu. Sehingga pihak sekolah melakukan kegiatan belajar dan mengajar, secara bergilir.
“Salah satu ruangan yang rusak parah itu di kelas 4 dan empat kelas lainnya seperti dinding dan plafond ruang kelasnya sudah rapuh, “kata Iim Abdul Karim Kepala sekolah, kepada sejumlah wartawan.

Iim menerangkan, ruang kelas yang roboh hingga rusak parah tadinya sering kebocoran sehingga kayu-kayu plafon terkena air dan keropos. “Batang kayu yang keropos itu tidak kuat menahan pelafon jadi roboh,” katanya.

Untuk keselamatan para siswa, pihak sekolah mengosongkan ruang kelas tersebut. Para siswa terpaksa melakukan kegiatan belajar dan mengajar pagi dan siang.

Sementara itu, Sarah (25) wali murid, mengaku resah melihat bangunan plafon sekolah yang sudah ambruk dan rapuh. Dia khawatir bangunan yang sudah rapuh itu runtuh dan bisa menimpah siswa yang sedang belajar. (MUL)