by

Egi Gunadhi Wibhawa Berharap Kabupaten Bogor Jadi Pusat Pengembangan Seni dan Budaya Lokal

Hiburan – Ditemui saat worshop kegiatan Bimbingan Seni dan Budaya di Kabupaten Bogor di Kecamatan Tenjo, penggagas kegiatan ini, Egi Gunadhi Wibhawa SP., MM. sangat antusias menjelaskan dukungannya pada pengembangan masyarakat lokal dalam membangun Kabupaten Bogor sebagai pusat pengembangan seni dan budaya lokal. Menurut Egi, Kabupaten Bogor merupakan kabupaten yang kaya dengan potensi budaya lokal. Selama ini pengembangan seni dan budaya banyak menekankan pada kesenian tari dan seni lainnya belum menyentuh seni peran dan teater. Padahal Kabupaten Bogor kaya dengan potensi pemuda pemudi di bidang seni peran dan teater. Artis-artis nasional banyak berasal dari Kabupaten Bogor. Oleh karenanya, Egi mendorong pelaksanaan Bimbingan Seni dan Budaya di Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Disbudpar Kabupaten Bogor.

Untuk seni teater, Egi memandang Kecamatan Tenjo memiliki potensi luar biasa. Pancingan kegiatan Bimbingan Seni dan Budaya di Kabupaten Bogor terbukti berhasil melahirkan karya luar biasa dari pemuda pemudi Kecamatan Tenjo. Pementasan teater berdurasi 45 menit tersebut sangat berkualitas dan menunjukkan bahwa pemuda pemudi Tenjo memang memiliki minat dan bakat di bidang seni teater.

Keterlibatan masyarakat lokal dalam menggali budaya lokal merupakan hal yang ditekankan oleh Edi Gunadhi Wibhawa, SP., MM. Menurutnya, ini merupakan amanah yang diembankan masyarakat kepadanya sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Komis D, komisi yang membidangi pengembangan seni dan budaya. Kegiatan seharusnya dilakukan dari dan oleh masyarakat sendiri. Dirinya sebagai anggota DPRD hanya bertugas memfasilitasi dan memberikan pancingan. Oleh karenanya kegiatan dilaksanakan di Tenjo sendiri dan dilakukan dalam bentuk produksi karya mereka. Workshop hanya menjadi ajang pertunjukkan dan penambahan ilmu pengetahuan dari praktisi-praktisi di bidang teater.

​Ke depan, Egi berkomitmen untuk terus mendukung pendampingan seni dan budaya di Kabupaten Bogor terutama yang dilakukan di daerah dan oleh masyarakat daerah tersebut. Tenjo, Parung Panjang dan kemudian Rumpin merupakan kecamatan-kecamatan yang jarang disentuh program langsung seperti ini. Sudah menjadi tugasnya sebagai anggota DPRD untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dan mendorong pemerintah untuk mewujudkan aspirasi masyarakat.​
​

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed