LANUD ATS GELAR PERINGATAN HARI PAHLAWAN

 

KEMANG – Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan instrospeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesautuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Komandan Wing Pendidikan Umum (Danwingdikum), Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana sebagai inspektur upacara (irup) pada upacara bendera memperingati Hari Pahlawan tahun 2018 yang diikuti oleh anggota Lanud Atang Sendjaja dan Wingdikum bertempat di Main Appron Lanud Atang Sendjaja, Sabtu (10/11/18).

Lebih lanjut Mensos mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” ujar Mensos RI. Agus Gumiwang menegaskan, peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru.

“Kita harus mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” tandasnya.

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2018 di Lanud Atang Sendjaja

Sementara Palupi, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) anggota Bintal Lanud Atang Sendjaja, ketika ditanya tentang makna Hari Pahlawan bagi dirinya mengatakan, bahwa semangat kepahlawanan harus memotivasi setiap orang untuk bekerja dengan baik dan benar.

“Bagi saya, melaksanakan tugas dengan jujur, baik dan benar adalah wujud pengamalan nilai-nilai kepahlawanan dan bentuk terima kasih saya kepada para pahlawan.” jelas Palupi.

Hal senada disampaikan oleh Serda Karenindi Desalwa, anggota Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja.

“Hari pahlawan bagi saya sebagai anggota Wanita Angkatan Udara (Wara) adalah bagaimana menunjukan pengabdian terbaik saya bagi bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Atang Sendjaja dengan cara bekerja yang sungguh, loyal dan tanpa pamrih.” ungkap Serda Karenindi Desalwa.

Selain upacara bendera, dilaksanakan juga ziarah nasional di TMP Dreded Bogor yang diikuti oleh perwakilan anggota Lanud Atang Sendjaja. Hadir pada upacara bendera Hari Pahlawan, Kadisops Lanud Atang Sendjaja, Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, Kadispers Lanud Atang Sendjaja, Kolonel Pnb Andi F. Picaulima, serta Para Komandan Satuan, perwira Staf Lanud Atang Sendjaja dan jajaran Wingdikum. (MUL).