PARUNGPANJANG KUMUH, SAMPAH DIBIARKAN NUMPUK DI PINGGIR JALAN PROVINSI

 

PARUNGPANJANG – Tumpukan sampah di pinggir jalan Mochamad Toha, tepatnya di Kampung Hegarmanah RT 002/01 Desa Parungpanjang Kecamatan Parungpanjang memberi kesan kumuh untuk wilayah Kecamatan Parungpanjang. Bau busuk sampah juga mengganggu kenyamanan ribuan pengendara yang melintas di ruas jalan provinsi tersebut.

Kondisi tidak enak tersebut dikeluhkan para pengendara jalan. Dani (32) mengatakan, tumpukan sampah yang sudah lama menumpuk dan membusuk sangat mengganggu dan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

“Saya belum tahu pasti berapa lama. Namun dari 2017 sudah ada penumpukan sampah, sekarang tambah banyak, dan itu kebanyakan sampah-sampah rumah tangga, “ujarnya.

Keluhan serupa disampaikan, Abdul (30) warga Parungpanjang. Ia mengatakan, keberadaan sampah tersebut bukan hannya merusak pemandangan tetapi juga menimbulkan bau yang menyengat dari sampah yang sudah lama dan membusuk itu. “Banyak pengendara yang sengaja buang sampah di lokasi itu,” kata dia.

Abdul berharap, Pemerintah Kecamatan atau Kabupaten Bogor segera melakukan penegasan dan memberikan solusi terkait penanganan masalah sampah.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Parungpanjang, Medi Susanto mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, dalam menjaga lingkungan itu merupakan bagian dari kewajiban kita bersama.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kalau sebagai orang yang beriman dan beragama, itu tidak membuang sampah di pinggir jalan, “imbuhnya.

Medi menambahkan, untuk menyikapi hal tersebut, Karang Taruna Kecamatan Parungpanjang bersama satpol PP akan memasang spanduk larangan membuang sampah di lokasi tersebut.

“Mudah-mudahan dengan adanya larangan tertulis seperti itu masyarakat bisa paham dan tidak membuang sampah di tepi jalan lagi, “pungkasnya. (MUL)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *