Kilas

Peringati HUT YJI ke-37, Belasan Ribu Emak-emak Bogor Goyang Jantung

bogorOnline.com

Ada yang berbeda di sekitar Kebun Raya Bogor pada minggu (16/12) pagi. Tampak lautan kaum ibu atau yang sedang trend disebut emak-emak dengan mengenakan pakaian berwarna merah putih berjalan disepanjang pendestrian kebun raya menuju pintu cafe Botanical Garden Kebun Raya Bogor.

Hal itu dikarenakan, Yayasan Jantung Indonesia sedang menggelar hari ulang tahun nya yang ke-37, tampak terlihat puluhan ribu tamu yang hadir tersebut berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat, seperti kota dan kabupaten Bekasi, kota Depok, kabupaten Bandung dan masih banyak lagi.

Acara ini dimulai sekira pukul 06:00 WIB, dan diawali dengan senam jantung massal, lalu setelah itu terdapat beberapa sambutan tokoh yang salah satunya Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, dilanjutkan performance oleh beberapa club jantung regional seperti Cianjur, Kota Cirebon, Kota Depok dan Kabupaten Bogor.

Teguh Rihananto selaku Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung Kota Bogor dari Yayasan Jantung Indonesia mengungkapkan bahwa tujuan utama digelarnya acara ini adalah sebagai kegiatan yang mewujudkan rasa syukur dari para pendiri Yayasan Jantung Indonesia dalam memerangi penyakit jantung serta mengajak seluruh Badan Pelaksana Klub Jantung (BPKJ) dan anggota Klub jantung untuk menjadikan acara ini sebagai ajang silahturahmi.

“Alhamdulillah hari ini dihadiri oleh seluruh insan klub jantung baik dari pusat dan provinisi, memang hal inilah yang sedang kita dorong dan menjadi motivasi bagi klub jantung kota Bogor untuk lebih baik kedepannya” ujar Teguh.

Teguh melanjutkan, data peserta berdasarkan kupon yang keluar sebanyak 16 ribu serta beredar diwilayah Garut, Cirebon, Kabupaten bandung dan yang paling jauh berasal dari Kabupaten Bantul. Dalam perhelatan tersebut juga terdapat Doorpize dengan dua tiket umroh, 14 unit sepeda balap, 1 unit televisi, 1 unit dispenser, serta 1 unit lemari pendingin. Teguh juga mengakui bahwa ini adalah kali pertama Kota Bogor menjadi tuan rumah HUT yayasan Jantung Indonesia setelah puluhan tahun berdiri.

“Saya terkejut dan cukup puas acara ini sukses digelar, walaupun tetap ada beberapa kekurangan tapi tetap secara keseluruhan acara berlangsung baik” ujar Teguh.

Walikota Bogor, Bima Arya juga mengapresiasi gelaran acara Yayasan Jantung Indonesia ini, awalnya Bima sedikit tidak percaya ketika Teguh Rihananto menyampaikan niatnya untuk menggelar acara ulang tahun ini yang akan menghadirkan puluhan ribu emak-emak tetapi hal tersebut dibuktikan klub jantung Kota Bogor dengan menimbulkan hegemoni lautan ibu-ibu yang pagi hari telah memenuhi sekitaran kebun raya Bogor.

“Pagi-pagi banyak yang sudah whatsapp saya, pak wali kenapa itu dikebun raya banyak emak-emak baju merah putih pada jalan masuk kebun raya” ujar Bima dalam sambutannya.

Ternyata Teguh membuktikan bahwa hegemoni klub jantung kota Bogor dibuktikan minggu pagi tersebut. Selain itu, Bima Arya juga mengenalkan kepada tamu yang hadir tentang kota Bogor sebagai kota untuk orang yang ingin berolahraga serta memiliki banyak pojok selfie.

“Ibu, silahkan kelapangan Sempur kalau mau jogging, setelah itu bis selfie di lawang salapan dekat tugu kujang dan jika lapar bisa ke kawasan Surya Kencana dimana banyak terdapat wisata kuliner, trotoarnya sedang dibangun tapi itu semua untuk pejalan kaki agar seluruh warga bisa tetap sehat” ujar Bima.

Dra. Ratu Unia Jayakusuma selaku Ketua Yayasan Jantung Cabang Utama Jawa Barat juga menyatakan bangga bahwa klub jantung kota Bogor baik dalam mempersiapkan HUT YJI ke-37 tahun ini.

“Saya kira kota Bogor hanya untuk rekreasi saja tapi ternyata ada tempat yang mampu menampung hampir 20 ribu anggota kita yang datang ke kota hujan hari ini” ujar Ratu.

Selain itu Ratu juga berharap kedepannya klub jantung kota Bogor dibawah komando Teguh Rihananto bisa semakin baik dan maju dalam setiap kegiatannya. (*)