by

Ichsan : Kader Posyandu Amalkan Empat Pilar Kebangsaan

 

BOGOR – Wakil Ketua Komisi IX DPR – RI Fraksi Partai Golkar, Ichsan Firdaus mengapresiasi peran kader Posyandu di Kabupaten Bogor. Menuru dia, apa yang dilakukan kader Posyandu dalam membantu masyarakat di tingkat paling bawah merupakan wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila yang merupakan satu dari empat pilar kebangsaan Indonesia.
“Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kepada masyarakat berbasis partisipasi masyarakat. ini menunjukan semangat gotong royong yang luar biasa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia,” ujar Ichsan disela acara sosialiasi 4 pilar kebangsaan, di Jonggol 19 hingga 22 Februari 2019.

Menurut Ichsan, upaya kader Posyandu dalam memberikan perhatian kepada ibu hamil, balita, pemenuhan gizi balita, serta hal lain di tengah kehidupan bermasyarakat memberikan manfaat sangat besar dalam ketahanan negara. Mempertahankan NKRI, kata Ichsan membutuhkan generasi yang kuat. ” Mempersiapkan generasi yang kuat itu, salah satunya dilakukan oleh kader Posyandu,” imbuhnya.

Ichsan juga menekankan, saat ini sangat penting untuk menggalakkan kembali empat pilar sebagai tiang negara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tinggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. generasi muda, kata dia, juga harus untuk menghafal dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. “Mengamalkan empat pilar harus menjadi semangat dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ichsan yang merupakan Anggota DPR RI dari Dapil V Kabupaten Bogor, mendorong agar kader Posyandu untuk meningkatkan koordinasi dengan tokoh masyarakat, RT dan RW kepala Desa hingga Pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait pelayanan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan merata. Ia juga mendorong agar Pemerintah daerah memperhatikan kendala yang dihadapi kader Posyandu dalam memberikan pelayanan masyarakat. “Pelayanan ini membutuhkan sinergi yang baik. agar masyarakat mendapatkan layanan dari program pemerintah secara maksimal,” katanya.

Ia juga mendorong kader Posyandu untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan sesuai dengan perkembangan zaman. “Kader Posyandu juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, ” kata dia.

Acara sosialisasi empat pilar di Jonggol ini berlangsung hangat. Para peserta yang mayoritas kader Posyandu ini sangat antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh Ichsan. Ichsan membuka ruang sesi tanya jawab untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed