Napi Lapas dan Rutan Gunung Sindur, Bersihkan dan Perbaiki Fasilitas Rumah Ibadah

GUNUNG SINDUR – bogorOnline.com

Suasana pagi di kawasan masjid Nurul Iman, yang berada Komplek Perumahan Kementerian Hukum dan HAM di Desa Cibinong Kecamatan Gunung Sindur agak berbeda. Tampak puluhan orang berseragam kaos bercorak warna merah putih sibuk membersihkan dan memperbaiki sarana fasilitas rumah ibadah tersebut.

“Mereka adalah warga binaan yang ikut terjun dalam aksi sosial Bhakti Merah Putih. Aksi sosial ini diadakan sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 Tahun 2019 di Lapas dan Rutan Gunungsindur,” Terang Humas Lapas Gunungsindur Tan Malaka kepada wartawan, Rabu (27/3/19).

Kegiatan Bhakti Merah Putih dengan membersihkan dan memperbaiki sarana fasilitas rumah ibadah tersebut, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Dalam aksi Sosial ini, Lapas Kelas III Gunung Sindur mengikutsertakan 30 orang yang tergabung dalam Pasukan Merah Putih Narapidana.

Kepala Lapas Sopiana, AMd.IP, SH, MM. menjelaskan, karena sosial tersebut dilakukan menindaklanjuti Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan melalui Teleconference, terkait pedoman pelaksanaan kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 dengan tema “Pemasyarakan PASTI”.

“Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Nomor PAS1.UM. tanggal 21 Maret 2019,” Ungkap Sopiana.

Pantauan awak media, warga binaan pemasyarakatan bernama Pasukan Merah Putih Narapidana, terlihat bersemangat membersihkan dan memperbaiki fasilitas tempat ibadah di Masjid Nurul Iman Komplek Perumahan Kementerian Hukum dan HAM Gunungsindur tersebut. Mereka terlihat membersihkan seluruh halaman masjid, memperbaiki 2 papan tulis masjid, melakukan pengecatan tembok depan masjid, memperbaiki toilet masjid dan memperbaiki tempat wudlu masjid, serta pengecatan trotoar masjid.

Kalapas Gunung Sindur Sopiana menambahkan, Bakti Merah Putih Narapidana Lapas Gunung Sindur ini sebagai momentum bagi narapidana untuk memahami makna bersejarah lahirnya konsep Pemasyarakatan atau sering dikenal dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan.

“Aksi sosial kali ini adalah bukti nyata dan peran aktif narapidana dalam melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Setelah selama ini para narapidana tersebut mengikuti pelatihan pembinaan keterampilan di Lapas Gunung Sindur,” Jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Bhakti Merah Putih dii Mesjid Nurul Iman Komplek Perumahan Kementerian Hukum dan HAM Gunung Sindur antara lain, Ka. Lapas Gunung Sindur, Sopiana, AMd.IP, SH, MM, Kepala Rutan Gunung Sindur, Agus Salim, AMd.IP, SH, Kapolsek Gunung Sindur, Danramil Gunung Sindur, Kepala Unit Satuan Brimob Polda Jabar, pejabat struktural Lapas Kelas III Gunung Sindur, petugas Lapas dan Rutan Gunung Sindur serta 7. H. Hery Wibowo selaku perwakilan pengurus DKM Nurul Iman. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *