Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan 2019

bogorOnline.com

Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) adalah suatu event antar perguruan tinggi kedinasan dibawah Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI), dimana event ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan secara bergilir di beberapa perguruan tinggi kedinasan di seluruh Indonesia.

OPTK 2019 ini, merupakan tahun ke-12 penyelenggaraan, dengan tuan rumah yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang diselenggarakan pada tanggal 28-31 Maret 2019.

Adapun penyelenggaraan OPTK kali ini meliputi 22 cabang lomba yang akan dipertandingkan, diantaranya 15 cabang olahraga dan 7 cabang keilmuan. Cabang Olahraga, meliputi, Atletik, Futsal, Basket, Volly, Wallclimbing, Renang, Tenis Lapang, Tenis Meja, Billiard, Takraw, Badminton, Catur, Silat, Karate, Taekwondo. Sedangkan untuk Cabang Keilmuan diantaranya, Debat , Karya Tulis Ilmiah, Speech, Story telling, Scrabble, Fotografi, Sinematografi.

Penyelenggaraan Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan disebar di beberapa titik, diantaranya: Gor Pajajaran, YPHB, SMAN 7, Cozy, Korem, Villa Indah Pajajaran, Polbangtan Bogor dan Sempur.

Peserta OPTK berasal dari 28 Perguruan Tinggi Kedinasan dari seluruh Indonesia dengan jumlah atlet secara keseluruhan sejumlah 2.308. Polbangtan Bogor sebagai tuan rumah mengikuti seluruh cabang dengan mengirimkan sejumlah 192 atlet.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Staf Khusus Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Sam Herodian. Pasalnya, olimpiade kali ini merupakan yang terbesar jumlah pesertanya dibanding kegiatan sebelumnya.

“Ini jelas kesempatan yang baik, di tengah hingar bingar berita pemilu yang memanas. OPTK diharapkan dapat menjadi penyejuk dan menjadikam contoh persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Sam kepada wartawan, Jum’at (29/3/19) malam.

Menurut dia, peserta yang berprestasi nantinya akan diberikan apresiasi khusus dari Kementerian Pertanian, baik berupa penempatan khusus ataupun beasiswa pendidikan lanjutan.

“Ya, pasti apresiasi itu akan diberikan,” tegasnya.

Ia berharap, OPTK akan mempererat silaturahmi antar mahasiswa yang notabenenya merupakan calon pemimpin bangsa. Sehingga bila di kemudian hari mereka menjadi pimpinan, koordinasi antar lembaga dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir Siswoyo MP mengatakan, OPTK merupakan wadah mahasiwa untuk berkarya, berprestasi, dan berinovasi sesuai bakat mereka. Iapun mengaku bangga pihaknya ditunjuk sebagai tuan rumah pada olimpiade kali ini.

“Kami bangga bisa menjadi tuan rumah. Sebab, biasanya penyelenggara adalah lembaga pendidikan kedinasan yang berbau teknis. Tapi disini kan pertanian,” ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa Polbangtan Bogor sendiri menurunkan 192 mahasiswa yang akan bertanding di 22 cabang.

“Target kami sembilan medali emas, dan pada Jumat malam sudah meraih satu emas dari cabor taekwondo. Kita berharap sukses penyelenggaraan dan kontingen dapat dicapai,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap, OPTK dapat meningkatkan prestasi para mahasiswa dan menghasilkan rekor baru di beberapa cabor yang dipertandingkan. “Kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan kepada masyarakat tentang lembaga pendidikan kedinasan,” tukasnya. (Nai/*)