TNI AU GELAR LATIHAN COMBAT SEARCH AND RESCUE (CSAR) DI LANUD ATANG SENDJAJA

KEMANG – bogorOnline.com

Dalam kurun waktu Lima minggu kedepan, TNI Angkatan Udara khususnya awak pesawat Helikopter dan personel pendukungnya, akan melaksanakan Pelatihan Combat Search And Rescue (CSAR) di Lanud Atang Sendjaja. Pelatihan ini merupakan program TNI AU, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas awak pesawat, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas kedepan yang semakin kompleks, terutama dalam pelaksanaan misi pencarian dan peyelamatan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Udara (Kadisopslatau) Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya M.tr (Han), saat membuka Pelatihan CSAR di Hanggar Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Jum’at (22/3/19). Pembukaan kegiatan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada Kapten Pnb Arief Khoirudin dan Serda Pasukan Puji Mulyanto.

Lebih lanjut Kadisopslatau mengatakan, pelatihan CSAR ini dimaksudkan untuk memberikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta kerjasama antara penerbang helikopter yang mengoperasikan alutsista dengan personel SAR Paskhas AU. Sehingga, bisa secara terpadu melaksanakan operasi Combat SAR yang memiliki kompleksitas tinggi.

“Saya berharap, dengan diselenggarakannya pelatihan ini, para peserta dapat mengambil pelajaran guna menambah pengetahuan serta ketrampilan untuk memperkaya maupun meningkatkan kemampuan profesionalisme baik perorangan maupun satuan,” ungkap Marsma TNI Jemi Trinsonjaya.

Diungkapkan olehnya, bahwa pelatihan CSAR ini akan melibatkan alutsista dan personel serta menggunakan Ammo Life dalam latihan penembakan baik Gunnering maupun Rocketing.

“Oleh sebab itu, seluruh pesera dan pendukung pelatihan tetap semangat dan serius dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan, dan Lambangja harus menjadi prioritas utama dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” pungkas Kadisopslatau.

Informasi yang di dapat awakedia ini, pelaksanaan pelatihan CSAR ini akan diisi dengan berbagai kegiatan baik teori maupun praktek, yang diawali dengan kegiatan Ground School dengan tujuan membekali peserta latihan dengan pengetahuan tentang latihan yang dilaksanakan bersama. Selain itu dilaksanakan pula Combat SAR, Rocketing dan Gunnering yang semuanya akan dilakukan di wilayah Lanud Atang Sendjaja. Hadir pada acara tersebut, Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Erwin B. Utama, Kadislitbangau, Marsma TNI Rohmadi Saputro, Komandan Wing 4 Kolonel Pnb Muzafar, Para Kepala Dinas Lanud Atang Sendjaja, para undangan dari Mabesau, Wing I Paskhas, perwakilan PT. DI, Para Komandan Satuan, beserta Perwira staf Lanud Atang Sendjaja. (Mul)