Koneksi Pipa Cipaku, PDAM Harap Zona III Membaik

bogorOnline.com

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sukses mengerjakan koneksi pipa HDPE 400 mm dari pipa distribusi 600 mm jalur IPA Dekeng ke Reservoir Cipaku 9000 M3 selesai pada Ahad (7/4/19) dinihari.

Pengerjaan koneksi ini merupakan upaya PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk memperbaiki sistem pengaliran di zona III, seperti perumahan Pajajaran dan Parahyangan Regency, Villa Duta, Griya Soka hingga BNR.

Direktur Teknik PDAM Kota Bogor Syaban Maulana mengatakan, koneksi pipa di IPA Cipaku ini merupakan respon atas keluhan-keluhan air tidak mengalir di sebagian zona III, terutama yang di suplai dari Reservoir Cipaku 9000 M3.

“Setelah kami analisa, gangguan di wilayah Cimahpar, Tanah Baru dan sekitarnya karena volume air di Reservoir Cipaku 9000 M3 yang tidak ideal. Levelnya sering rendah, sehingga tekanan air ke wilayah atas (elevasi tinggi seperti Cimahpar) tidak terlalu kuat. Ini yang menyebabkan gangguan di pelanggan,” ujar Syaban yang memantau langsung pengerjaan koneksi hingga selesai.
.
Pengerjaan koneksi ini mendapat perhatian serius dari Walikota Bogor Bima Arya. Dalam Live Instagram yang ditayangkan tim Humas PDAM, Bima dua kali menyampaikan dukungan.

“Ini bentuk dukungan yang sangat real dari Bapak Walikota. Kami ucapkan terima kasih,” ujar Asisten Manajer Humas R. Poppi Rustanti yang hadir mendampingi Dirtek.

Dia berharap koneksi di IPA Cipaku ini bisa memperbaiki sistem pengaliran akibat anomali pelayanan di zona III dalam beberapa waktu terakhir. Terlebih menjelang pesta demokrasi 17 April nanti. PDAM berupaya menjaga pasokan agar pelanggan dapat memilih dengan tenang, petugas pun tidak kesulitan air saat menghitung suara.

“Sebetulnya solusi terbaik gangguan pengaliran di sebagian wilayah Kota Bogor, khususnya zona III, adalah pengoperasian SPAM Katulampa. Namun SPAM Katulampa masih dalam proses, nah ini (koneksi di IPA Cipaku) solusi jangka pendeknya,” ujar mantan Kasubag Hubungan Langganan PDAM Kota Bogor itu.

“Kami di PDAM juga sama gelisahnya seperti pelanggan. Sebab tanggungjawab penyediaan air bersih masyarakat Kota Bogor ada pada pundak kami. Untuk itu kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan inovasi-inovasi yang terukur. Kami tidak pernah diam, kami terus bergerak,” tutup Poppi. (Nai/hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *