Persiapan Pengiriman Misi Kebudayaan Kabupaten Bogor ke Batam

Bogor – Seksi kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor memberangkatkan rombongan misi kebudayaan “Penampilan Kesenian Tradisional Bogor di Batam.
Rombonganberjumlah 14 orang terdiri dari staf Disbudpar, pengelola kegiatan, tenaga make up dan penari.Rombongan berangkat pada tanggal 25 April. Persiapan satu hari diperlukan untuk memas&kantampilan telah sesuai dengan se’ng tempat dan persiapan lainnya. Kegiatannya sendiri akandiselenggarakan tanggal 26-28 April 2019 di Mall Nagoya Hill dan Hotel Nagoya Hill di Batam.Kesenian tradisional Bogor yang direncanakan akan ditampilkan adalah Tari Merak, TariCikeruhan, Tari Gatot Kaca, Tari Blantek, Tari Topeng Koncaran dan Tari Jaipongan AnnisaRumpaka. Selain itu, tarian cadangan juga telah disiapkan yaitu Tari Jaipongan Keser Bojongdan Tari Jaipongan Tablo Anik Kukupu. Pemilihan tarian didasarkan atas tujuan untukpengenalan kesenian Bogor yang merupakan salah satu daya tarik pariwisata Bogor.
Tarianjaipongan yang melegenda, tarian klasik Gatotkaca, tari topeng koncaran yang merupakantarian daerah Bogor yang dipengaruhi oleh budaya betawi serta tarian kreasi yang menghiburdisiapkan oleh Sanggar Anisa Rumpaka.Menurut Ibu Heni Widyawa&, Kasi Kesenian Disbudpar, pemilihan tarian dilakukan atas dasarmisi pengenalan kesenian tradisional Bogor. Menurutnya, “pen&ng sekali memperkenalkantarian tradisional Bogor sebagai bentuk kekayaan budaya Kabupaten Bogor.
Kita dapat sajamenyajikan kesenian moderen, namun kami mengupayakan agar misi-misi kesenian luar daerahseper& ini dapat menjadi sarana pengenalan kesenian tradisional Bogor”.Hal senada dikemukakan oleh Drs. Rahmat Surjana, Msi, Kepala Dinas Kebudayaan danPariwisata Kabupaten Bogor.
Menurutnya, misi nasional yang diselenggarakan di luar daerahKabupaten Bogor merupakan sarana promosi wisata tradisi Bogor, salah satunya dalam bentuktarian tradisional.Menanggapi hal tersebut, Dr. Iyan Mulyana, S.Kom, M.Kom selaku pimpinan sanggar AnnisaRumpaka menyambut baik maksud dan tujuan Disbudpar dengan mempersiapkan 7 tarian dan2 tarian cadangan. Dr. Iyan Mulyana, S.Kjuga merupakan Peraih Tegar Beriman Award pertama&ngkat Kabupaten Bogor kategori Seniman dan Budayawan Krea&f 2015. Sanggar AnisaRumpaka merupakan sanggar binaan Disbudpar yang telah memiliki pengalaman di &ngkatnasional dan internasional.
Di &ngkat internasional sanggar Annisa Rumpaka pernah mengiku&World Dance Day yang diselenggarakan tahun 2015, 2016, dan 2018. Kegiatan misi kebudayaanini dikelola oleh MaCDA management. (Ist)