Kabupaten Bogor, Destinasi Wisata dan Olahraga

BOGOR – Lima tahun ke depan Kabupaten Bogor ingin melakukan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk dapat mewujudkan rencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor di bawah kepemimpinan Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setyawan memiliki fokus di bidang pariwisata.
“Kabupaten Bogor punya alam yang indah, gunung, udaranya sejuk, ini adalah anugerah Tuhan untuk kita. Kecuali laut kita tidak punya. Untuk itu kami fokus pada pariwisata,” kata Bupati Bogor Ade Yasin di hadapan 16 Negara Sahabat saat kegiatan Gala Dinner Festival Budaya Daerah di Lor In Sentul, (6/4/2019).
Menurut Bupati Ade Yasin, Kabupaten Bogor memiliki potensi wisata alam yang sangat baik. Di antaranya ada 101 Curug, 96 Setu, Gunung dan Air Terjun. Selain itu, Kabupaten Bogor juga memiliki potensi destinasi olahraga yakni, 19 Lapangan Golf, Sirkuit Sentul, Paralayang, Stadion Pakansari, dan Arung Jeram di Rancabungur, Sungai Cisadane dan Pongkor Cikaniki.
“Yang sudah rutin digelar adalah Bogor Wonderfull Golf. Ke depan akan ada Marathon yang rencananya di Pongkor atau Puncak Cisarua. Kami sedang matangkan dahulu jalurnya. Karena marathon ini banyak peminat dan komunitasnya,” kata Bupati Ade Yasin.
Lebih lanjut, Bupati Ade Yasin juga mencanangkan wisata yang ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keasrian alam yang indah dan keseimbangan dalam kehidupan.
“Saat ini kami sedang tingkatkan Wisata di Geopark Pongkor, untuk itu kami sedang dorong warga untuk membangun home stay-home stay, jadi, ketika rumahnya jadi home stay, masyarakat akan mengubah perilaku dan pola hidupnya, sanitasi jadi lebih baik, kamar mandi jadi lebih baik,” tambah Bupati Ade Yasin.
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor Rahmat Sujana menyatakan siap dalam mendukung program Bupati Bogor yakni Kabupaten Bogor Sport and Tourism.
“Tugas kita adalah menyiapkan percepatan dari yang sudah diputuskan oleh Bupati. Dari mulai event-event internasional, target tahun ini adalah 8 juta wisatawan, dan target wisata mancanegaranya sebanyak 5%,” kata Kadisbudpar Rahmat Sujana.
Salah satu upaya Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor dalam memerkenalkan destinasi wisata adalah dengan menggelar Rangkaian acara Fam Trip yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 April 2019. Adapun agenda Fam Trip 2019 adalah memerkenalkan Destinasi Wisata Bogor Timur yakni Curug Cipamingkis dan Villa Khayangan, kemudian Destinasi Wisata Bogor Selatan yakni Gunung Mas dan Paralayang dan Destinasi Wisata di Bogor Tengah yakni Jungle Land dan Lapangan Golf Palm Hill
“Kami berharap kerja sama Disbudpar dengan Media semakin baik. Kita juga perlu mengajak jurnalis untuk study banding ke kota lain untuk memelajari konsep wisata di kota lain,” tambahnya.
Peserta Fam Trip 2019 asal Afghanistan Parwiz Mosamim mengucapkan terima kasih atas undangan dan telah menyertakannya di kegiatan Fam Trip 2019. Dari kegiatan ini, Peserta asal Afganistan ini jadi mengenal destinasi wisata di Kabupaten Bogor yang kaya akan alam. “Kegiatan ini memberikan banyak pelajaran dan informasi, setelah kegiatan ini saya akan kirim tulisan kepada kawan-kawan saya di Afganistan agar dimuat di media, kemudian saya juga akan menyebarkannya melalui media sosial pribadi saya,” kata Parwiz.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *