Meriah, Pelepasan Siswa dan Kenaikan Kelas SDN Sirnarasa 01 Tanjungsari Bogor

 

Bogor Timur – Pelepasan siswa dan siswi kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sinarasa 01 Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, yang telah melaksanakan pelajaran atau lebih dikenal Samenan, meriah. Acara tahunan yang digelar setiap kelulusan, mendapat sambutan hangat dari orangntua dan warga sekitar. Sebanyak 24 peserta ujian yang dinyatakan lulus itu, dilepas oleh guru dan adik kelasnya dalam suasana haru.

“Hari ini, diumumkan sebanyak duapuluh empat peserta ujian dinyatakan lulus. Selanjutnya, kami para guru dan adik adik kelas melepas mereka yang digelar dalam acara ini,” kata Kepala sekolah SDN Sirnarasa 01, Otong Amat Syaefulloh kepada bogoronline.com, Sabtu (22/6) kemarin.

Lanjut dia, acara yang digelar sejak pagi akan diteruskan pada malam hari, dihadiri unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta orang tua siswa. Rangkaian acara pada malam hari, merupakan arena uji kemampuan para siswa dalam berkreasi. Berbagai macam kemampuan seni akan ditampilkan oleh siswa yang telah disiapkan sebelumnya.

“Setelah acara pagi ini, nanti malam akan dilanjut acara panggung, menampilkan kemampuan siswa-siswi dalam berkreasi. Saya berharap, acara ini menjadi hiburan bagi warga sekitar. Orangntua yang putra putrinya tampil, bisa menjadi kebanggaan,” lanjutnya.

Sementara itu, salahsatu tokoh masyarakat, Gopur mengapresiasi pelaksanaan Samenan. Menurut dia, dengan samenan, kelak para alumni akan mengenang masa kecilnya saat menempuh pelajaran yang diakhiri perpisahan.

“Selaku warga masyarakat, saya sangat setuju jika acara seperti ini dilaksanakan setiap akhir pembelajaran. Manfaatnya sangat banyak, bisa menjadi kenangan bagi anak-anak kita yang telah menyelesaikan pendidikan, juga ada pentas seni untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan anak-anak kita,” tandas Gopur yang juga mantan Kades Sirnasari. (Soeft/jang)