PENCAK SILAT CIMANDE SEBAGAI POTENSI SPORT TOURISM

 

BOGOR- Festival Pencak Silat Cimande yang kelima kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. Kegiatan diselenggarakan di Padepokan Penca Aliran Cimande, Desa Cimande, Kecamatan Caringin pada tanggal 22-23 Juni 2019 ini, merupakan potensi pariwisata Sport and Tourism yang sedang digalakkan oleh Pemerintah kabupaten Bogor.

Kepala Badan Promosi Wisata Kabupaten Bogor, Zainal Syafrudin mengatakan, Pencak Silat Cimande sangat potensial dikembangkan sebagai potensi pariwisata Kabupaten Bogor. Badan. Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor sangat mendukung pengembangan Pencak Aliran Cimande sebagai salah satu potensi wisata olehraga dan budaya di Kabupaten Bogor. “Paket-paket wisata yang memadai mesti dibangun dengan professional agar menarik minat pengunjung. Kerjasama antar pihak sangat diperlukan untuk mendorong potensi besar ini menjadi potensi real pariwisata Kabupaten Bogor”.

Hal senada dikemukakan oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Bogor, Yos Sudrajat. Menurutnya, Cimande merupakan kawasan yang sangat potensial berkembang sebagai potensi sport tourism di Kabupaten Bogor. Ini selaras dengan brand pariwisata Kabupaten Bogor, The City of Sport and Tourism. “Pengembangan Pencak Aliran Cimande tidak hanya memberikan efek pelestarian budaya, sebagai potensi sport tourism akan memberikan efek ekonomi pada masyarakat sekitar,” katanya.

Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam melestarikan budaya lokal dan mendorong potensi Penca Aliran Cimande sebagai potensi budaya dan Pariwisata. Ini disampaikan oleh Elly Karim, selaku Kasi Kebudayaan sekaligus Ketua Panitia Festival saat pembukaan kegiatan.

Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Angklung dan Festival Kaulinan Urang Lembur. (*)