by

Pencak Silat Cimande Sebagai Adiluhung Pencak Silat Kabupaten Bogor

BOGOR – Seksi Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menyelenggarakan Sarasehan Budayawan Pencak Silat Kabupaten Bogor. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Bahtera tanggal 17-18 Juli 2019. Sejumlah 53 perkumpulan pencak silat, lingkung seni dan organisasi pencak silat yang ada di Kabupaten Bogor menghadiri sarasehan tersebut. Lebih dari 100 orang hadir dan menyumbangkan pemikiran untuk pengembangan pencak silat sebagai budaya Kabupaten Bogor yang kaya akan kearifan lokal.
Pencak silat Cimande sebagai salah satu aliran pencak silat tertua di merupakan salah satu budaya lokal yang berkembang di Kabupaten Bogor. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah melakukan pelestarian pencak silat Cimande selama 5 tahun berturut-turut. Tradisi pencak silat Cimande merupakan salah satu kekayaan budaya asli bogor yang telah popular hingga mancanegara. Dunia internasional dan nasional telah mengenal jurus-jurus silat Cimande, pengobatan patah tulang dan balur Cimande yang telah menjadi pilihan alternatif masyarakat. Pencak Silat aliran Cimande merupakan salah satu tradisi pencak silat tertua di Indonesia. Ini semua menunjukkan penca silat aliran Cimande penting untuk dilestarikan.
Menurut Uwa Darma, salah satu sesepuh pencak silat di Cimande “Bogor sudah identik dengan Cimande. Pemurnian aliran pencak silat Cimande sebagai aliran penca tertua diperlukan. Jangan ada lagi narasi tentang penca aliran Cimande yang menyimpang dari yang sebenarnya.” Selanjutnya menurutnya “Buatlah satu paguyuban bogor. Bentuk satu kekuatan dari budayawan. Peradaban sekarang adalah peradaban budayawan.”
Hal senada dikemukakan oleh Ketua Ikatan Pencak Silat Aliran Cimande (IPSAC), Pak Encis. Menurutnya “Dengan adanya saresehan budaya kami menginginkan perguruan yang mengaku beraliran Cimande yang di dukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor untuk ikut serta dalam semua festival yang diadakan di padepokan Cimande. Nah dari situ kami akan menyelaraskan gerakan-gerakan dasar aliran Cimande.”
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Silat Cimande 2019.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed