Saat Warga Pilih Ketua RW09 di Pasir Jaya

Kota Bogor – bogorOnline.com
Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 09 Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor berlangsung meriah pada Minggu 28 Juli 2019. Sejumlah warga tampak antusias datang menyalurkan hak pilihnya.

Tak ada raut muka tegang selama proses pemilihan berlangsung yang digelar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Base Camp Muara RT04 RW09. Warga justru menyambut gembira adanya pesta demokrasi itu setidaknya untuk menentukan tiga tahun kedepan wilayahnya.

Begitu juga, empat kandidat yang bertarung tampak akrab menyaksikan proses pemilihan mulai pencoblosan hingga perhitungan suara. Keempat kandidat ketua RW09 itu, yakni Sutrisno, Asep Supriadi, M. Yayan Sopian dan M. Kamil yang turun gelanggang untuk periode tiga.

Ketua Panitia, M.A Sofari Al Mathrudy mengatakan, pemilihan ketua RW 09 sengaja dikemas seperti layaknya Pemilu untuk memberikan pembelajaran dan kesadaran akan demokrasi yang benar terhadap warga. “Alhamdulillah, warga sangat antusias, itu terlihat hampir 60 persen warga yang punya hak pilih mendukung pelaksanaan acara ini,” ujarnya.

Sofari menambahkan bahwa tahapan demi tahapan juga dilalui para kandidat seperti dalam penyelenggara Pemilu. Dua pekan sebelumnya, mereka diberikan kesempatan menyosialisasikan diri melalui pamflet atau brosur gambar berikut nomor urut calon. Bahkan, untuk merebut simpati warga, mereka juga ada yang melakukan pengenalan langsung ke warga.

Tiba di hari H atau pemungutan suara di TPS, untuk pencoblosan tersedia tiga bilik suara beserta alat perlengkapannya, kotak suara untuk memasukkan surat suara dan tinta berfungsi untuk menghindari hak pilih dua kali. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan kotak saran untuk ketua RW09 terpilih.

“Dari 4 Rukun Tetangga (RT) di wilayah RW09 ada 988 orang tercatat sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Hingga akhir penutupan pada pukul 13.30 dari sejak dibukanya TPS pukul 07.00 WIB tercatat ada 560 orang yang menyalurkan hak pilihnya,” kata Sofari.

Memasuki perhitungan suara sejumlah warga kembali menyemut di lokasi TPS. Mereka datang untuk menyaksikan proses perhitungan. Sebagian tampak menanti penasaran siapa kandidat terpilih yang akan memimpin wilayah RW09.

Berdasarkan perolehan suara, M. Yayan Sopian dinyatakan terpilih sebagai Ketua RW09 dengan memperoleh 205 suara. Sedangkan Asep Supriadi memperoleh 174 suara. Kemudian M. Kamil meraih 120 suara. Sementara Sutrisno mengantongi 94 suara.

Lurah Pasir Jaya, Durga Siregar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya pemilihan ketua RW09. Selanjutnya, untuk pelantikan akan dilaksanakan bersamaan dengan enam RW lainnya pada Agustus mendatang.

“Selamat untuk bapak Yayan dari hasil perhitungan suara terpilih menjadi ketua RW09. Ayo bapak-bapak, ibu-ibu, kita dukung untuk pelaksanaan tugasnya nanti. Selamat juga kepada M. Kamil yang telah dua periode mengabdikan diri di wilayah RW09,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bogor, Sendhy Pratama yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilihan ketua RW 09 dapat juga diterapkan di wilayahnya lainnya.

“Ini proses demokrasi modern dalam artian pemilu diselenggarakan sampai ke tingkat RW, dan saya pantau di beberapa wilayah juga sudah mengikuti standar yang dilakukan KPU mulai dari sistem pemungutan suaranya, inventarisasi warganya itu refresentatif dan transparan. Proses di sini tadi saya lihat baik, aman dan lancar. Ini bisa juga diterapkan di wilayah lain,” katanya.

Adapun saran politisi Partai Hanura itu, sebaiknya memang ada juga nanti disampaikan semacam laporan pertanggungjawaban karena setiap operasional yang diberikan kepada RW maupun sebelumnya harus disampaikan kepada masyarakat.

Menurutnya, RT maupun RW memiliki peran penting sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Mereka mengetahui langsung berbagai permasalahan di lingkungan masyarakat, seperti kaitan sosial, perekonomian, kependudukan, kesehatan dan infrastruktur.

“Jadi peran pengurus RT maupun RW harus aktif nanti dalam Musrembang tingkat kelurahan. Koordinasi yang baik juga antara RT, RW dan kelurahan termasuk dengan wakil rakyatnya. Saya hadir di sini untuk ikut memberikan semangat dan motivasi bahwa RT RW tak akan berjalan sendiri, jika di Pemkot Bogor ada kesulitan, kita bisa bantu,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *