Sarahsehan Budayawan Pencak Silat Kabupaten Bogor Mengusulkan Penguatan Budaya Pencak Lokal yang Menginternasional

Seksi Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KabupatenBogor menyelenggarakan Sarasehan Budayawan Pencak SilatKabupaten Bogor. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Bahteratanggal 17-18 Juli 2019. Sejumlah 53 perkumpulan pencak silat, lingkung seni dan organisasi pencak silat yang ada di KabupatenBogor menghadiri sarasehan tersebut. Lebih dari 100 orang hadir dan menyumbangkan pemikiran untuk pengembanganpencak silat sebagai budaya Kabupaten Bogor yang kaya akankearifan lokal.

Para budayawan menyampaikan beberapa hal yang menjadihasil dari sarasehan. Pertama, perguruan pencak silat Cimandebisa lebih booming lagi. Cimande adalah bagaimana pun menjadi tolak ukur pencak silat kabupaten bogor. DinasKebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah melakukanpelestarian pencak silat Cimande selama 5 tahun berturut-turut.Upaya ini harus tetap dilanjutkan sebagai bagian dari pelestariandan pengembangan budaya pencak silat di Kabupaten Bogor.

Kedua, diperlukan revitalisasi event-event tahunan pencak silatyang meliputi seluruh aliran penca di Kabupaten Bogor. Menurut Abah Odih dari Gugah Raga, di era tahun 1980-1990an rutin diakan event kompetisi pencak dilat se-Kabupaten Bogor.Event ini hilang di era tahun 1990-an hingga sekarang. Ini perludiadakan kembali.

Ketiga, diperlukannya lembaga pelestarian budaya pencak silatdi Kabupaten Bogor. Budayawan mengajukan museum pencaksilat Kabupaten Bogor sebagai upaya meluruskan sejarahkebudayaan pencak silat di Kabupaten Bogor. Selain itudiajukan adanya forum bersama seluruh paguron silat yang adadi Kabupaten Bogor.

Keempat, diperlukan pemurnian aliran penca di KabupatenBogor agar sesuai dengan standar budaya asli dari aliran pencamasing-masing.

Kelima, budayawan pencak silat Kabupaten Bogor mengajukanuntuk keberadaan mereka diakui dalam setiap event-event budaya di Kabupaten Bogor.

Keenam, budayawan pencak silat Kabupaten Bogor mengajukanbudaya pencak silat di Kabupaten Bogor dapat menjadi atraksiwisata kelas dunia. Pencak Silat sebagai tradisi lokal potensialberkembang sebagai atraksi wisata yang menarik minatpengunjung mancanegara. Diperlukan pengemasan yang baikagar menarik tidak hanya pengunjung lokal namun jugapengunjung mancanegara.

Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya.Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe DinataAninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival SilatCimande 2019.