TRADISI PASSING IN DAN PASSING OUT PARADE SAAT PERGANTIAN DANLANUD ATANG SENDJAJA

 

KEMANG – Komandan Lanud Atang Sendjaja telah resmi berganti. Marsma TNI Erwin B Utama telah digantikan oleh Kolonel Pnb Eding Sungkana, selaku pemegang tongkat Komando Lanud Atang Sendjaja. Proses datangnya Komandan Baru dan perginya Komandan Lama, diwarnai dengan acara tradisi penyambutan dan pelepasan yang dikenal sebagai “Passing In Parade” dan “Passing Out Parade” yang dilaksanakan di Mako Lanud Atang Sendjaja, yang diikuti seluruh anggota Lanud Atang Sendjaja, beberapa waktu lalu.

Kepala Penerangan Lanud Atang Sendjaja Letkol David Rumayara menjelaskan, tradisi Passing In Parade dilakukan sebagai bentuk penyambutan Danlanud Ats yang baru untuk menjabat dan memimpin Lanud Ats.

“Acara tradisi dimulai dengan pengalungan bunga kepada Kolonel Pnb Eding Sungkana serta pemberian handbouquet kepada Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/D. 1 Lanud Atang Sendjaja yang baru, Ny. Mira Eding Sungkana,”ujarnya.

Dia menuturkan, selanjutnya mereka berjalan berdampingan melewati jajar pasukan kehormatan  yang terdiri dari para Perwira Pertama dan anggota Lanud Atang Sendjaja, disambut dengan tarian lengser kemudian menghantarkan pejabat baru menuju ke depan Lobby Mako Atang Sendjaja.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Call Design Jupiter “00” kepada pejabat baru dan salam kebersamaan “Tost Gelas”. “Lalu dilakukan pemasangan foto mantan Danlanud oleh pejabat lama, sebagai pengingat bahwa Komandan Lanud Atang Sendjaja yang lama pernah menjalankan tugas baktinya bersama Lanud Ats,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penggantian papan nama Danlanud Atang Sendjaja serta penyerahan secara simbolis kunci ruangan Danlanud Ats kepada pejabat yang baru di akhiri dengan penandatanganan memorandum. “Hal ini sebagai simbolis penyerahan seluruh tugas dan tanggung jawab dan wewenang Lanud Atang Sendjaja seluruhnya.” jelas Letkol David.

Kegiatan acara di akhiri dengan Passing Out Parade sebagai ungkapan terima kasih dan ucapan selamat atas keberhasilan tugas Komandan Lama Marsma TNI Erwin B Utama dengan pengalungan bunga oleh Danlanud Ats Eding Sungkana beserta pemberian Hand Bouqet dari Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3 /D. 1  Ny Mira Eding Sungkana yang disaksikan oleh pejabat serta seluruh anggota Lanud Ats. (Mul)