845 Napi Lapas Gunung Sindur Mendapatkan Remisi Hari Kemerdekaan

GUNUNGSINDUR – bogorOnlime.com

Sebanyak 845 Narapidana (Napi) Lapas Gunung Sindur, khusus Narkotika, Terorisme dan Pidana Umum mendapatkan Remisi di hari kemerdekaan RI Ke-74. Lima diantaranya mendapatkan remisi langsung bebas, pemberian remisi ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kalapas Gunung Sindur Sopiana mengatakan dari total 1.021 Napi, 845 Napi Lapas Gunung Sindur yang diusulkan mendapatkan Remisi, 5 Napi langsung bebas dari total 1.021 Napi.

“Pemberian remisi, 17 Agustus 2019 merupakan wujud dari penghargaan dan motivasi kepada Napi yang telah berkelakuan baik serta mengikuti program pembinaan selama menjalani pidana,” ungkap Sopiana.

Sopiana menuturkan, 845 warga binaan yang mendapatkan remisi, rata-rata adalah kasus narkotika, pidana umum dan terorisme. Semua usulan remisinya melalui online, dengan melihat berbagai aspek penunjang, yaitu perilaku warga binaan, sisi pidana dan secara regulasinya memenuhi.

“Dalam Remisi yang diusulkan ada dua remisi, diantaranya remisi umum I yang mana warga binaan yang mendapatkan remisi umum II dinyatakan bebas sebanyak 98 orang, namun 93 orang harus menjalani subsider atau pengganti denda dan hanya 5 orang saja yang bisa langsung bebas di tanggal 17 Agustus,” imbuhnya.

Sopiana melanjutkan, remisi umum I yaitu, pengurangan masa tahanan yang berlaku satu hingga enam bulan pengurangan masa tahanan, dan itu ada sebanyak 747 orang.

“Besaran remisi umum pada HUT RI, diberikan kepada warga binaan Lapas Gunung Sindur sebesar 1 bulan kepada 10 orang, 2 bulan 87 orang, 3 bulan 227 orang, 4 bulan 324 orang, 5 bulan 167 orang dan 6 bulan 30 orang, total semua yang dapat remisi 845 orang,” lanjutnya.

Sopiana menjelaskan, perbedaan jumlah remisi atau pengurangan masa tahanan tergantung lamanya menjalani masa tahanan.

“Kalau masuk lapasnya lebih dulu akan mendapat remisi lebih besar. Diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi,” jelasnya.

Masih Sopiana, hari kemerdekaan ke 74 ini, Gayus Tambunan juga mendapatkan remisi 6 bulan, Abu Bakar Ba’asyir 5 bulan dan Buni Yani mendapatkan remisi 1 bulan.

“Warga binaan Gayus Tambunan lebih banyak dapat remisi karena lebih dahulu masuk lapas dibanding ABB (Abu Bakar Ba’asyir) dan Buni Yani. Untuk SK Remisi akan diberikan langsung oleh Bupati Bogor pada Upacara HUT RI Ke-74 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor di Cibinong kepada 5 orang warga binaan Lapas Gunung Sindur yang langsung bebas dihari itu,” tandasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *