Akibat Longsor, Jembatan Paranje Rumpin Nyaris Putus

RUMPIN – bogorOnline.com

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Rumpin, pada Rabu (28/8), sekira pukul 19.30 Wib. ternyata berdampak dan menimbulkan kerusakan infrastruktur jembatan Paranje di Desa Cibodas Kecamatan Rumpin. Akibat derasnya Hujan, menimbulkan pergerakan tanah pada bagian jembatan tersebut, dan membuat bagian jembatan nyaris terputus.

Pantauan bogoronline.com, dilokasi akses jembatan Paranje yang merupakan penghubung utama kedua Desa yaitu, Rabak dengan Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, saat ini, kondisinya masih belum bisa dilalui kendaraan minibus seperti biasanya.

“Jadi sebelumnya jembatan ini sudah retak bagian tengahnya, keretakan itu dibagian terjadi sudah beberapah bulan kebelakang dan sekarang kejadian longsor,” ungkap Erni Yulianingsih, salah seorang warga sekitar, Kamis (29/8/19).

Erni mengatakan, kejadian tersebut membuat kendaraan roda 4 tidak bisa melintas, jadi warga harus memutar mencari jalan lain ke jalan Cikadus dan kondisi jalannya jelek lagi.

“Kejadianya kemarin sore saat hujan. Kalau sudah seperti ini mobil tidak bisa lewat, kasian kalau ada warga yang sakit harus melewati jalan yang lebih jauh dan rusak,” tandasnya.

Sementara, kapolsek Rumpin, Kompol Akhmad Wirjo mengatakan, jembatan Paranje Desa Cibodas Kecamatan Rumpin mengalami longsor akibat faktor alam yang terjadi kemarin, saat hujan deras air kali itu sedikit meluap.

“Memang sebelumnya, jembatan Paranje ini sudah mengalami retak sehingga mulai ada gejala, pas ada air jembatan ini pun mengalami longsor,” papar Wirjo.

Wirjo menambahkan, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hal itu dikarenakan, saat kejadian sedang turun hujan, jadi aktivitas warga atau kendaraan tidak ada yang melintas. Hanya kerugian material saja dari dampak longsor tersebut. Untuk kendaraan roda 4, di tutup untuk sementara, karena kendaraan roda 4 bebannya lumayan berat, sehingga bisa membahayakan.

“Jadi kendaraan roda 4 ini kita alihkan ke arah Desa Rabak Gobang dan tembusnya ke Ciampea, ini bisa untuk kendaraan roda 4. Namun untuk sepeda motor bisa karna beban kendaraannya tidak terlalu berat,” pungkasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *