Antusias Warga di Festival Ciliwung

Kota Bogor – bogorOnline.com

Ratusan warga Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor tampak antusias mengikuti rangkaian acara festival Ciliwung pada Sabtu 31 Agustus 2019. Sejak pagi mereka sudah berbondong-bondong mendatangi lokasi acara yang berada di sungai Ciliwung, Sukasari.

Warga yang datang dari berbagai wilayah Kota Bogor itu tampak berbaur mengikuti beragam kegiatan di bantaran sungai Ciliwung. Mulai dari ibu-ibu “ngubek” ikan dan lomba memasak nasi goreng. Sedangkan bapak-bapak dan orang dewasa mengikuti lomba mancing ikan di sungai Ciliwung.

Festival Ciliwung dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dengan dihadiri seluruh aparatur wilayah di lingkungan kecamatan Bogor Timur. Panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik dalam acara tersebut.

Lurah Sukasari Dicky Iman Nugraha mengemukakan bahwa festival ini sebetulnya sebagai bentuk kemasan lain untuk mengkampanyekan tentang program naturalisasi Ciliwung kepada masyarakat.

“Jadi program naturalisasi Ciliwung kan perlu diketahui juga oleh semua pihak, elemen masyarakat. Kami sengaja membentuk event festival Ciliwung ini sehingga semua warga kumpul di sini dengan tetap kita sampaikan nilai nilai terkait program itu,” kata Dicky.

Di samping itu, sambung dia, festival ini sebagai ajang hiburan bagi warga yang telah ambil bagian dalam menyukseskan program naturalisasi Ciliwung di wilayahnya. Sebelumnya, warga ikut aktif dalam menjaga lingkungan sekitarnya termasuk kebersihan sungai Ciliwung.

“Kalau orang sunda bilang ini ngabubungah (menyenangkan). Sekarang setelah ada perubahan dengan lingkungan Ciliwung kita ingin berikan sedikit hiburan kepada warga yang selama ini sudah mulai membantu kita dalam program naturalisasi Ciliwung,” ungkapnya.

Menurut Dicky, target program tersebut dari sisi kebersihan wilayah dinilai sudah cukup baik, sekarang ini tinggal masuk ke tahap berikutnya yakni menghijauhkan bantaran Ciliwung. Wajah wilayah juga sudah tampil menarik penuh dengan warna warni.

“Sekarang kondisinya masih belum hijau, target beberapa kedepan kita akan hijauhkan dengan berbagai cara baik itu dengan vertikal garden atau menanam tanaman merambat dan lainnya. Arahan sendiri dari pak wali kota untuk dihijaukan dengan tanaman, tapi inisiasi warga tentunyakan tidak bisa kita larang begitu saja. Jadi kita tetap tidak mematikan kreasi warga tetapi sedikit arahan wali kota kita implementasikan,” tukasnya.

Dikatakan olehnya, bahwa dalam festival tersebut setidaknya ada lima kwintal ikan yang ditebar di aliran sungai Ciliwung. Selain warga mancing ikan dan “ngubek” ikan, pihaknya juga mengadakan lomba kebersihan tingkat RW dan lomba kebersihan bantaran Ciliwung sebagai rangkaian dari festival Ciliwung.

“Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini warga semakin sadar bahwa program naturalisasi Ciliwung tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah tapi menjadi tanggung jawab kita semua,” tandasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *