Bertahap, Sukasari Jadi Destinasi Wisata Air Unggulan

Kota Bogor – bogorOnline.com

Wali Kota Bima Arya menyatakan akan mengubah secara bertahap wajah bantaran sungai Ciliwung yang berada di wilayah RW02 dan 03 Kelurahan Sukasari menjadi destinasi wisata air unggulan.

Demikian hal itu diungkapkan Bima Arya seusai membuka acara festival Ciliwung yang berlangsung di Sukasari, Bogor Timur pada Sabtu 31 Agustus 2019.

“Terkait festival ini. Satu, yang kita ketahui kan pembangunan fisik, seperti IPAL (instalasi pengelolaan air limbah), septic tank dan sistem pengelolaan sampah. Yang kedua, selain infrastruktur itu juga adalah kultur dan festival ini bagian edukasi kepada warga. Kita targetkan secara bertahap titik ini akan menjadi wisata air unggulan,” ujarnya kepada awak media.

Di tempat wisata itu, ujar Bima, nantinya bakal ada wahana rafting atau aktifitas pengarungan sungai. Kemudian dijadikan tempat untuk festival kebudayaan dan kegiatan ngubek serta mancing ikan.

“Ini memang memerlukan persiapan-persiapan mungkin dua, tiga tahun. Jadi catatan juga ke arah hulunya Katulampa, harus bersih. Seperti di sini tadinya itu tempat timbunan sampah, tapi sekarang sudah tidak ada,” ungkapnya.

Bima lanjut mengungkapkan bahwa untuk anggaran pembangunan wahana refting tidak terlalu besar. Bahkan, ia menilai jika kondisi sungai bersih, rafting dan kegiatan lainnya bisa jalan dengan sendirinya.

“Kalau itu tidak besar, yang besar itu untuk infrastruktur IPAL. Tahun ini, kita mendapat bantuan Rp900 juta dari Kementerian Lingkungan Hidup. Ini yang jadi fokus kita, tak akan bersih jika IPAL tak dibangun, septic tank dan sistem sampahnya,” pungkasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *